Sukses

Disney akan PHK 32.000 Pekerja Imbas Covid-19

Mayoritas PHK Disney datang dari divisi taman bermain, dan divisi pengalaman serta produk.

Liputan6.com, Jakarta Disney menambah jumlah pekerja yang terkena PHK (pemutusan hubungan kerja) menjadi sekitar 32.000 orang. Pandemi Covid-19 telah menghentikan gerak industri taman hiburan Disney.

Dari pengarsipan SEC yang diterbitkan Rabu, kemarin, mengungkapkan bahwa ribuan karyawan Disney akan diberhentikan pada paruh pertama di tahun fiskal 2021.

Mayoritas pekerja yang terkena PHK berasal dari dari divisi taman bermainnya, divisi produk. Kemudian ditambah sekitar 28.000 pekerja yang sebelumnya sudah diumumkan pada September lalu, seperti melansir laman CNBC, Kamis (26/11/2020).

Penutupan berkepanjangan dari taman hiburan Disney yang berlokasi di California ini, serta terbatasnya jumlah pengunjung, memaksa perusahaan mengurangi pekerja.

Selain itu, per 3 Oktober, sekitar 37.000 karyawan yang tidak diberhentikan akan diberikan status cuti.

Berdasarkan data sampai 3 Oktober, Disney mempekerjakan sekitar 203.000 karyawan.  Di mana tenaga kerja global ini lebih dari 80 persen berstatus pekerja tetap dan sekitar 20 persen merupakan karyawan paruh waktu.

Dari semua tenaga kerja, sekitar 155.000 karyawan bekerja di bagian taman, pengalaman dan segmen produk.

Divisi ini pun mencakup semua taman hiburan Disney domestik dan internasional, serta resor, jalur pelayaran, bersamaan dengan bagian merchandisingnya.

Pada awal bulan ini, Disney menyatakan bahwa pandemi Covid-19 membuat perusahaan merugi hingga USD 2,4 miliar dalam pendapatan operasional yang hilang selama kuartal keempat fiskal.

Pada kuartal fiskal kedua, Disney melaporkan kehilangan pendapatan operasional sekitar USD 1 miliar akibat dari pandemi Covid-19. Pada kuarta ketiga, pandemi juga memotong pendapatan operasional sebesar USD 3,5 miliar.

Sampai saat ini pun, semua taman hiburan Disney di California tetap ditutup, karena kebijakan negara yang melarang pembukaan kembali hingga kasus Covid-19 di seluruh negara turun di bawah 1 per 100.000, di mana target tersebut dinilai sulit, mengingat adanya pelonjakan kasus.

 

Reporter: Yoga Senjaya Putra

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Blogger Galang Dana Rp837 Juta untuk Karyawan Disney yang Kena PHK

Masa pandemi corona Covid-19 telah berdampak pada banyak hal, salah satunya pada industri hiburan. Sebelumnya dikabarkan, Disney memutuskan akan memberhentikan 28 ribu karyawan.

Dilansir dari laman People, Jumat, 9 Oktober 2020, usai mendengar kabar tersebut, pasangan Sarah dan Tom Bricker, blogger yang menjalankan DisneyTouristBlog sejak 2011, merilis team page di situs Second Harvest Food Bank of Central Florida.

Donasi ini tidak lain untk mengumpulkan uang bagi bank makanan yang melayani komunitas tempat banyak mantan karyawan Walt Disney World yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Kini, donasi sudah lebih dari 57 ribu dolar AS atau setara Rp837 juta.

"Pemberhentian dan cuti tidak terbatas di Walt Disney World, taman hiburan lainnya, dan di seluruh hospitality industry memiliki dampak yang tidak proporsional di Florida Tengah," tulis Tom dalam blog-nya.

Ia melanjutkan, pada titik ini, banyak yang terdampak, baik secara langsung juga melalui keluarga dan teman yang kehilangan pekerjaan yang membuat gelisah soal masa depan. Hal ini dikatakannya begitu memilukan.

Penggalangan dana untuk karyawan Disney yang terdampak PHK ini menjadi kali pertama Bricker meminta pengikutnya untuk ikut menyumbang. Sebelumnya, blog yang pasangan ini jalankan, tak pernah meminta sumbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PHK adalah Pemutusan Hubungan Kerja, itu berarti seorang karyawan sudah diputuskan hubungan kerja dari perusahaan.

    PHK

  • Disney perusahaan yang bergerak di bidang hiburan.

    disney

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19