Sukses

Wujudkan SDM Unggul, PPSDM KEBTKE Kolaborasi Strategis dengan Medco Energi

Sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas SDM, PPSDM KEBTKE melakukan perjanjian kerja sama dengan PT Medco Power Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas SDM, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) BPSDM ESDM melakukan perjanjian kerja sama dengan PT Medco Power Indonesia (MPI) secara virtual melalui Zoom pada Selasa, (24/11).

Kepala PPSDM KEBTKE, Laode Sulaeman menyampaikan bahwa sejak tahun 2018 – 2020, MPI secara kontinyu mengirimkan pegawainya untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi di PPSDM KEBTKE. Pada tahun 2020, MPI juga mengirimkan 69 orang untuk melakukan sertifikasi di LSK PPSDM KEBTKE yang telah terbagi menjadi 5 angkatan.

"Kerja sama antara PPSDM KEBTKE dengan PT Medco Power Indonesia sudah dari awal tahun 2020, namun telah beberapa kali mengalami penundaan, Alhamdulillah pada hari ini Senin, 24 November 2020 telah terlaksana melakukan penandatangan MoU," ungkap Laode.

 

Direktur Utama PT Medco Power Indonesia Eka Satria menyampaikan ucapan terima kasih atas jalinan/layanan yang telah diberikan PPSDM KEBTKE kepada MPI selama ini. 

"Walaupun belum ada payung kerja sama, telah membawa seluruh jajaran PT. MPI agar dapat menggali potensi kerja sama sebagai tindak lanjut penandatanganan PKS ini," ujar Eka Satria.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demi Pertumbuhan Industri Nasional Berkelanjutan

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan SDM ESDM  Prahoro Nurtjahyo, menyampaikan bahwa Pemerintah berkomitmen membangun kompetensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini sekaligus untuk mendorong pertumbuhan industri nasional yang berkelanjutan, jelasnya.

Kementerian ESDM c.q. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) terus memperkuat potensi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) sebagai lembaga pelatihan dan sertifikasi yang berfungsi untuk mengembangkan dan mensertifikasi Sumber Daya Manusia atau Tenaga Teknik Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi di Indonesia.

"Dengan demikian salah satu upaya tersebut adalah bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga lain, Asosiasi, Institusi Pendidikan dan Profesional serta kalangan Industri seluruh Indonesia," kata Prahoro.

Lebih lanjut Prahoro berharap kegiatan kerja sama PPSDM KEBTKE dengan PT Medco Power Indonesia  dapat membantu percepatan pembangunan kompetensi sumber daya manusia Bidang ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan, Konservasi Energi.

"Ini sebuah upaya mewujudkan Indonesia Unggul melalui program pengembangan kapasitas SDM pada sub sektor Ketenagalistrikan - EBTKE,” tutup Prahoro.

 

(*) 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini