Sukses

7 Cara Cerdas Menghemat Uang

Sisihkan sebagian dari gaji Anda di awal untuk langsung masuk ke rekening tabungan sekunder.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangannya, masyarakat kini mulai menyadari perlunya mengatur keuangan secara efisien. Termasuk mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terlalu krusial.

Meski begitu, terkadang dalam kenyataannya hal ini bisa jadi sulit untuk dipraktekkan. Sehingga, yang perlu menjadi fokus dari hal ini adalah cara praktis dan efisien yang dapat mengerem pengeluaran.

Dilansir dari laman lifehack.org, Rabu (25/11/2020), berikut cara terbaik untuk menghemat uang dengan lebih cepat dan cerdas:

1. Batalkan Semua Layanan Berlangganan

Batalkan semua langganan bulanan Anda selama satu bulan. Jika masih diperlukan, Anda dapat menambahkan beberapa di antaranya kembali.

Cara ini dimaksudkan semacam sistem pembersihan. Sebab, kadangkala orang bisa jadi tak sengaja berlangganan untuk hal-hal yang kurang penting. Oleh karena itu, bersihkan riwayat berlangganan Anda, dan mulai kembali sesuai kebutuhan.

2. Otomatiskan Menabung langsung dari Gaji Anda

Sisihkan sebagian dari gaji Anda di awal untuk langsung masuk ke rekening tabungan sekunder. Sejauh ini, ini adalah cara paling efektif untuk menghemat uang setiap bulan.

Hal ini untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Anda bisa memilih rekening tanpa kartu ATM atau akses m-banking untuk rekening sekunder. Hal ini dimaksudkan agar Anda berpikir dua kali untuk mengambil uang dari tabungan sekunder Anda untuk dibelanjakan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Batalkan Happy Hours untuk Sisa dari Pandemi

Pada situasi pandemi saat ini, kegiatan hangout atau sekedar ngopi menjadi sulit dilakukan, dan memilih untuk tinggal di rumah. Tanpa disadari, hal ini turut menghemat pengeluaran Anda untuk kegiatan tersebut.

Biasakan mengecek transaksi terakhir Anda. Sebab, jika ditelisik, bisa jadi pengeluaran Anda untuk ‘happy hours’ adalah salah satu pengeluaran terbanyak Anda.

Jumlahnya mungkin akan mengejutkan Anda dan membuat Anda berpikir dua kali tentang gaya lama itu.

4. Belanja Bahan Makanan Online

Belanja bahan makanan online sekarang tidak perlu dipikirkan lagi. Biasanya, setiap kali Anda berjalan melalui toko bahan makanan, dua hal selalu terjadi. Pertama, Anda selalu mengambil barang impulsif, dan Anda tidak pernah tahu total belanjaan Anda sampai Anda membayar. Ini berarti bahwa orang cenderung membelanjakan lebih dari yang direncanakan.

Dengan belanja online, Anda dapat melihat total harus dibayar saat Anda menambahkan item ke keranjang Anda. Anda cenderung tidak melakukan pembelian impulsif. Anda bahkan dapat membayar agar barang dikirim ke rumah Anda, menekan belanjaan lain yang tidak perlu saat perjalanan Anda menuju toko.

Tak hanya untuk makanan. Saat pandemi sekarang, cara ini ternyata bisa bekerja untuk berbagai kebutuhan lainnya.

 

3 dari 4 halaman

5. Pilah Barang yang tak Diperlukan Lagi, dan Jual

Orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki banyak barang yang tidak semuanya diperlukan. Luangkan waktu Anda untuk merapikan barang-barang Anda.

Jika ada yang tidak terpakai lagi, Anda bisa menjualnya. Saat ini penjualan bisa lebih mudah menggunakan layanan online. Ini tidak hanya memberi Anda uang tunai ekstra cepat, tetapi juga membuat rumah Anda lebih rapi dan teratur.

6. Manfaatkan Reward Kartu Kredit

Jika Anda termasuk orang yang tricky, Anda bisa coba untuk meninggalkan kartu debit dan dapatkan kartu kredit reward untuk berbelanja. Gunakan seperti yang Anda lakukan pada kartu debit Anda dan pastikan untuk melunasinya segera setelah rekening koran masuk.

Ini terdengar lebih rumit, namun cukup efektif untuk menekan pengeluaran Anda tanpa harus mengurangi kesenangan.

 

4 dari 4 halaman

7. Buat Anggaran

Kapan terakhir kali Anda memperbarui anggaran atau membuat anggaran? Membuat anggaran seperti menuliskan tujuan Anda. Jika Anda tidak membuat anggaran, maka Anda akan kesulitan menabung.

Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda membelanjakan dengan bijaksana jika Anda tidak melacak semuanya? Agar lebih mudah, Anda bisa mencoba aplikasi keuangan untuk melakukan pekerjaan luar biasa dalam melacak pengeluaran dan penganggaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.