Sukses

Bappenas Bocorkan 4 Langkah Percepat Pemulihan Ekonomi Indonesia

Pemerintah berkomitmen penuh untuk mempercepat proses proses pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Plt. Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti memastikan pemerintah berkomitmen penuh untuk mempercepat proses proses pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19. Tercatat ada empat strategi masif yang tengah dijalankan pemerintah.

"Memang pandemi Covid-19 ini membutuhkan resep khusus di masa ekonomi yang sulit ini. Namun, Pemerintah terus berupaya untuk mengatur ekonomi dan mempercepat akselerasi (pemulihan ekonomi)," ujarnya dalam webinar Unilever Kolaborasi dan Aksi Bersama Menuju Pembangunan Indonesia yang Berkelanjutan, Senin (23/11/2020).

Pertama, mengedepankan kebijakan terkait penanganan penyebaran virus Covid-19. Sebab, kebijakan untuk memerangi virus mematikan asal China itu dinilai bersifat penting dan mendesak untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional nasional.

"Belajar dari Vietnam yang sudah mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif 2,6 persen pada kuartal III lalu. Ternyata kunci penting Vietnam adalah dengan kebijakan mengendalikan virus (Covid-19) dengan ketat," paparnya.

Kedua, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di masa kedaruratan kesehatan ini. Yakni dengan meningkatkan intensitas dan kualitas proses sosialisasi protokol kesehatan.

"Karena masih banyak masyarakat yang belum patuh protokol kesehatan. Sehingga mempengaruhi kasus peningkatan positif (Covid-19) secara harian," ucapnya.

Ketiga, memberikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat ataupun pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Diantaranya melalui penyaluran subsidi, bantuan sosial, serta restrukturisasi. "Ini untuk menahan agar ekonomi stabil," imbuh dia.

Terakhir, memperkuat manfaat kebijakan fiskal bagi masyarakat, korporasi, serta stabilitas sektor keuangan di masa penuh ketidakpastian akibat pandemi ini. Sehingga akan mempercepat proses proses pemulihan ekonomi nasional.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan Ekonomi Bisa Sampai 5 Persen di 2021, Ini Kuncinya

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 diperkirakan masih akan mengalami tantangan yang berat. Sebab, masih ada ketidakpastian yang tinggi terkait kelangsungan pandemi Covid-19.

Kepala Ekonom BCA David Sumual mengatakan, kinerja sektor riil pada dua bulan terakhir terlihat stagnan. Padahal sebelumnya mengalami perbaikan yang cukup signifikan setelah penurunan terdalamnya pada kuartal II/2020.

David menilai, pemulihan ekonomi akan sangat bergantung pada kecepatan eksekusi vaksinasi Covid-19 pada tahun depan.

"Kalau (vaksinasi) bisa di semester I, akan mempercepat pemulihan di tahun depan. Kalau tertunda hingga semester II, lalu kasus Covid-19 tinggi, lalu PSBB on dan off, pemulihan akan terkendala," jelas dia dalam Webinar INDEF - Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021, Rabu (18/11/2020).

Tingginya kasus Covid-19 yang dibarengi tarik ulur PSBB terjadi di DKI Jakarta memengaruhi prospek pemulihan ekonomi di daerah lainnya. Sebab, kontribusi DKI Jakarta terhadap PDB mencapai sekitar 16 persen dan kontribusi terhadap total tabungan atau dana pihak ketiga (DPK) nasional mencapai 55 persen.

"Jika distribusi vaksin bisa selesai di semester I tahun depan, komoditas pulih, dan aturan turunan omnibus law bisa selesai dan bisa dieksekusi, kita berharap GDP growth kita bisa ke arah 4 sampai 5 persen," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menyebutkan hal serupa. Dimana kunci utama pemulihan ekonomi adalah penanganan pandemi Covid-19.

Namun, Eko memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021 hanya akan mencapai kisaran 2,5 -3 persen. Hal ini merujuk pada sektor riil yang pada tahun depan diperkirakan masih berjalan sekitar 50 persen dari kapasitasnya.

“Indonesia terlihat pemulihan sudah terjadi, tapi belum kembali seperti tahun lalu,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.