Sukses

Perlu Tahu, Jumlah Uang yang Harus Ditabung dari Umur 30 sampai 60 Tahun

Saat mendiskusikan soal simpanan, begitu banyak ahli keuangan merekomendasikan untuk mempunyai beragam tipe tabungan.

Liputan6.com, Jakarta Penting memang untuk bisa menentukan tujuan hidup, entah itu karir, urusan personal, maupun finansial. Tapi bagi beberapa orang justru kesulitan untuk mengutarakan tujuan hidup mereka, terutama untuk permasalahan finansial. Misalnya, berapa banyak uang yang seharusnya sudah kamu tabung?

Memang bisa menjadi sesuatu yang sulit untuk menemukan jawabannya. Apalagi ditambah begitu banyak faktor yang menentukan lainnya, seperti umur dan pendapatan masing-masing.

Saat mendiskusikan soal simpanan, begitu banyak ahli keuangan merekomendasikan untuk mempunyai beragam tipe tabungan.

Dimulai dari tabungan dana darurat, yang sebagian besar harusnya tunai, karena sebagai contoh simpanan tersebut bisa menutupi pengeluaran hidup dari 3 sampai 6 bulan kedepan.

Selain itu Anda juga harus menyediakan simpanan yang diutamakan untuk tujuan-tujuan tengah semester, seperti jalan-jalan, pernikahan ataupun membeli hunian pribadi, seperti melansir laman CNBC, Sabtu (21/11/2020).

Secara keseluruhan, saat berbicara tentang tabungan jangka panjang,  banyak orang memfokuskan simpanan untuk kehidupan pensiunan nantinya. Karena bagi banyak orang, kehidupan pensiunan adalah tahap hidup yang seharusnya paling nyaman.

Oleh karena itu, ini adalah jumlah uang yang seharusnya sudah ada di tabungan dari umur 30 sampai 60  tahun jika ingin hidup nyaman di tahap pensiunan nanti.

Biasanya setiap ahli keungan akan merekomendasikan jumlah dana tabungan yang berbeda jika ingin mempunyai kehidupan yang nyaman di masa pensiunan nanti.

"Tetapi ada sebuah patokan," ujar Justin Halverson yang merupakan penasihat finansial di perusahaan Great Waters Financial.

"Salah satu aturan gampangnya adalah, untuk mempunyai jumlah tabungan 3 kali lebih banyak dari pada penghasilan kamu di umur 40, 6 kali di umur 50 dan seterusnya," jelas Halverson.

Berikut ini adalah rinciannya:

- Umur 30: 1 x dari penghasilan kamu ada di tabungan masa tua

- Umur 40: 3 x

- Umur 50: 6 x

- Umur 60: 8 x

- Umur 67 (Masa Pensiunan) : 10 x

 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincikan Tujuan Simpanan Uang

Untuk terus berada di jalur yang tepat, merincikan tujuan tabungan uang membantu membuat impian pensiunan yang terlihat begitu besar jadi lebih sederhana.

Sebuah laporan dari Blacktower Financial Management Group menyatakan bahwa, di Amerika sendiri, generasi millenial harus setidaknya menyimpan USD 386.100 sebagai simpanan masa tua, jika ingin hidup nyaman di masa tua nanti.

Walaupun situasi setiap orang di berbagi negara berbeda-beda, oleh karena itu tiap individu harus mempunyai strategi personal sendiri. Berbagai ahli finansial menyarankan untuk menggunakan beberapa aplikasi tabungan hari tua.

Menabung dari Segi Persentasi Bukan dari Jumlahnya

Jacqui Kearns seorang CBO (chief brand officer) dari Affinity Federal Credit Union, menyatakan bahwa mempunyai sebuah rencana untuk mempunyai tabungan hari tua, darurat dan pengeluaran laiinya sangatlah penting.

Tapi Kearns mengingatkan ada hal lain yang jauh lebih penting untuk dipikirkan, yaitu "Tidak perlu dilakukan dengan cara spesifik tertentu.

"Dirinya menyatakan bahwa beberapa orang melihat jumlah tunai yang dipunyai dari tabungannya, sementara beberapa melihat jumlah pendapatan mereka dan menyisihkan porsi persentase dari uang tersebut.

Hal tersebut bisa membantu banyak orang untuk tidak terlalu stres atau cemas dengan mencapai jumlah uang di tabungan yang ingin dimiliki. Selain itu Kearns juga mengingatkan bahwa setiap orang mempunyai tujuan dan mimipi yang berbeda-beda.

"Saya mempunyai 6 anak. Jadi pastinya rencana tabungan saya pastinya berbeda-beda dengan orang yang belum mempunyai anak," ujar Halverson.

Halverson dan Kearns mengingatkan bahwa jangan sampai pengorbanan yang dilakukan terlalu banyak, untuk mengharapkan kehidupan masa tua yang nyaman.

"Semuanya harus seimbang, tabung dan rencanakan masa tua tapi juga nikmati masa-masa sekarang," kata Halverson.

Hal senada juga dilontarkan oleh Kearns, bahwa terus simpan dengan baik rencana tabungan kamu, terus menabung dan janganterlalu cemas demi mendapatkan spesifik target jumlah uang.

 

Reporter:  Yoga Senjaya Putra

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.