Sukses

Dongkrak Pariwisata, Surveyor Indonesia Promosikan Wisata Budaya Suku Baduy

Surveyor Indonesia menggelar kegiatan diskusi kebudayaan untuk mendukung kelestarian budaya nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - PT Surveyor Indonesia (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN menggelar kegiatan diskusi kebudayaan untuk mendukung kelestarian budaya nusantara. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Dari Budaya Menuju Alam Semesta” yang diadakan di Kedai Kopi Menbar, Pondok Aren, Tangerang, Banten.

“Dari Budaya Menuju Alam Semesta” adalah rangkaian kegiatan diskursus budaya yang mengangkat salah satu suku asli Indonesia yakni suku Baduy melalui kegiatan yang dikemas berupa program diskusi publik, pertunjukkan seni musik, pemutaran film dokumenter Urang Kanekes, dan peragaan busana tenun kain Baduy.

Acara dihadiri oleh Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Surveyor Indonesia (Persero) Rosmanidar Zulkifli, dan dihadiri pula oleh beberapa pakar CSR, di antaranya La Tofi pendiri School of CSR sekaligus pemerhati bidang CSR.

Kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi kerjasama dengan Kementerian BUMN, PT Surveyor Indonesia (Persero), Indigenous Organic, dan Kedai Kopi Menbar selaku tuan rumah penyaji kopi khas baduy.

Dalam sambutannya, Rosmanidar menjabarkan peran Surveyor Indonesia dalam mendukung kelestarian budaya di Indonesia sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya asli Indonesia yang saat ini mulai terancam degradasi budaya akibat pengaruh modernisasi yang masif.

“Dengan mendukung acara ini, kami berharap dapat turut berperan untuk mengenalkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, urun rembug memberikan dukungan untuk kelestarian budaya nasional, khususnya Baduy, dan sebagai bentuk perwujudan dari semangat BUMN Untuk Indonesia” ujar Rosmanidar dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

“Surveyor Indonesia juga siap berkolaborasi dengan rekan BUMN lain untuk mempromosikan dan memperkuat pariwisata daerah, mendukung tindakan-tindakan penjagaan kelestarian budaya, mendorong kesiapan pariwisata melalui penerapan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru yang terintegrasi di masa pandemi Covid-19 ini  salah satunya dalam kesempatan ini adalah mendorong kelestarian budaya Baduy sebagai salah satu suku asli dan tertua di Nusantara,” tegas Rosmanidar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelestarian Budaya

Surveyor Indonesia sendiri sebagai BUMN Konsultan Jasa Survey yang bergerak di bidang jasa pemastian independen turut hadir mendorong pelestarian budaya dalam rangka menjaga geliat industri pariwisata Indonesia, sebagai salah satu industri yang paling awal terdampak pandemi Covid-19.

Melalui berbagai kegiatan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, Surveyor Indonesia turut meningkatkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui layanan Restart Your Business With SIBV.

Layanan ini yaitu jasa pemastian terhadap penerapan protokol kesehatan sesuai adaptasi kebiasaan baru yang terintegrasi melalui label Safe Guard untuk memastikan lokasi-lokasi pariwisata dan para pelaku usaha telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang layak dan dapat menumbuhkan kepercayaan wisatawan lokal dan mancanegara. Sehingga, sektor pariwisata dapat kembali menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.