Sukses

Pemerintah Siapkan Sistem Khusus buat Terima Turis Asing Masuk, Seperti Apa?

Di Sektor Pariwisata, Pemerintah Siapkan Skema Kedatangan Turis Asing

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah sedang mempersiapkan skema pembukaan akses bagi wisatawan atau turis asing yang bertandang ke Indonesia.

Dengan skema yang dibuat, turis yang berkunjung ke Indonesia nanti bisa terlacak keberadaannya. Mulai dari jenis transportasi yang dipakai, tujuan wisata hingga lokasi bermalam.

"Jadi bukan hanya sektor transportasi saja. Modelnya ini seperti rumah sakit, akan digabung menjadi satu rangkaian," kata Staf Ahli Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Sahat Manoor Panggabean di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Skema ini dibuat dalam rangka memantau keberadaan turis asing sekaligus kemungkinannya terpapar virus corona. Saat ini Bali akan menjadi destinasi wisata yang bakal menerapkan skema ini.

Alasannya, beberapa wilayah di Bali sudah terlihat siap untuk kembali menerima kunjungan dari turis asing. "Itu akan ter-present dengan baik, nanti bukan hanya Bali," ungkap dia.

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangat Bangkit

Tetapi lanjut Sahat, pengusaha pariwisata di Bali memiliki semangat untuk bangkit. Sehingga skema ini akan disiapkan terlebih dahulu.

"Bali ini menarik karena daerahnya juga semangat, jadi kita siapkan," kata dia.

Lewat skema ini, turis asing nantinya akan terpantau dari transportasi sampai lokasi hotel. Cara ini ditempuh dalam rangka menggerakan perekonomian bidang pariwisata sekaligus mengendalikan penyebaran virus corona.

"Supaya ini jadi nyaman dan bisa jelaskan ke mereka (turis asing) kita siapkan koridornya dengan tracing semuanya," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.