Sukses

Milestone Perjalanan 3M Selama 45 Tahun di Indonesia

Kenalan dengan PT 3M Indonesia, perusahaan manufaktur dan teknologi yang memproduksi berbagai perlengkapan di sektor Healthcare, Safety & Industry, Transport & Electronic and Consumer.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan masyarakat sekarang semakin tidak bisa lepas dari produk safety atau alat perlindungan diri (APD), produk kesehatan dan kebersihan, perlengkapan kantor hingga produk aftercare otomotif. Sehari-hari orang dihimbau memakai masker, face shield, atau pun kacamata goggles jika diperlukan. Kegiatan ibu-ibu rumah tangga mencuci piring dengan spons, membersihkan lantai dengan sapu dan kain pel.

Selanjutnya para pekerja kantor yang memakai sticky note hingga selotip, serta mobil-mobil yang harus memiliki kaca film untuk melindungi pengendara dan penumpang dari paparan langsung sinar UV.

Begitu banyaknya benda-benda dan manfaatnya untuk kehidupan manusia, apakah kamu tahu perusahaan yang memproduksinya? Jika belum, mari kenalan dengan PT 3M Indonesia, perusahaan manufaktur dan teknologi yang memproduksi berbagai perlengkapan untuk memenuhi kebutuhan di sektor Healthcare, Safety & Industry, Transport & Electronic and Consumer.

1. Milestone Perjalanan 3M Indonesia

 

3M Indonesia merupakan perwakilan dari perusahaan global manufakturing dan teknologi asal Amerika Serikat bernama 3M (Minnesota Mining and Manufacturing) pertama kali didirikan pada 1902 di Minnesota. Perusahaan yang identik dengan logo 3M berwarna merah ini mengawali operasional di Indonesia 45 tahun lalu atau berdiri tahun 1975 dengan 3 orang karyawan.

Seperti halnya visi perusahaan induk, 3M Indonesia juga ingin menginspirasi inovasi dan memicu kemajuan, sambil berkontribusi pada pembangunan global yang berkelanjutan melalui perlindungan lingkungan, tanggung jawab perusahaan dan sosial, serta kemajuan ekonomi. Selain itu, juga senantiasa menerapkan sains dan inovasi untuk membuat dampak nyata dalam kehidupan setiap orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, 3M memiliki tim penjualan di beberapa kota di Indonesia seperti di Semarang, Surabaya, Medan, Balikpapan, dst. Fasilitas manufaktur yang terletak di KICC - Karawang, dan kantor pusat berlokasi di Arkadia Green Office, Jakarta.

2. Science, Innovation dan Culture

 

Dalam menjalankan bisnisnya, 3M mengedepankan 3 pilar utama, yaitu science, innovation dan culture. Melalui sains, ingin terus menciptakan beragam produk yang bisa membuat kehidupan di seluruh dunia menjadi lebih baik. Lalu, menerapkan inovasi sebagai cara hidup, karena dengan hal itu beragam ide-ide baru bisa diwujudkan. Dan untuk menciptakan culture kerja yang baik, 3M mendukung dan menghargai perbedaan, serta memberikan kesempatan yang adil dan setara bagi semua orang.

Salah satu keunggulan 3M adalah pada teknologi adhesif, yang diaplikasikan dalam berbagai produk seperti sticky notes dan tape atau pita perekat. Teknologi adhesif ini memiliki tingkat kekuatan atau kerekatan yang berbeda-beda di setiap produknya, sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Seperti Post-it Super Sticky yang membantu kamu untuk melihat catatan penting yang dapat ditempel di mana  saja, mulai dari rak, lemari, pintu, atau dinding. Merapikan dan kategorisasikan dokumen  menggunakan Post-it Page Markers. Lalu, ada Scotch Magic Tape merupakan pita perekat orisinil yang memberikan hasil akhir seperti tidak terlihat dan matte.     

Pekerjaan ibu rumah tangga semakin mudah dan praktis dengan deretan produk pembersih dari Scotch-Brite mulai dari spons, sapu, kain pel, hingga perlengkapan pembersih lainnya. Bahannya yang ringan, kuat dan tahan lama menjadi keunggulan dari produk-produk 3M. Bagi para penggemar otomotif, kehadiran 3M sangat penting untuk memberikan kenyamanan dalam  berkendara. 3M AutoFilm yang melindungi dari sinar UV serta varian produk aftercare otomotif untuk melindungi dan membersihkan kendaraan dari berbagai kotoran.

Tak ketinggalan adalah deretan produk-produk Safety dan Healthcare dari 3M mulai dari APD untuk kebutuhan personal, rumah sakit dan berbagai industri lain. Brand Nexcare, Futuro, 3M Safety Goggle, dan 3M Particulate Respirator adalah sebagian kecil brand yang diproduksi oleh 3M untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

3. 3M Dukung Pendidikan dan Komunitas di Indonesia

 

Beroperasi selama 45 tahun, 3M Indonesia tak hanya fokus berbisnis melainkan juga terus berkomitmen dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia melalui tiga fokus utama, yaitu komunitas, pendidikan dan lingkungan.

Tahun 2018  lalu, 3M menjalin kolaborasi dengan Yayasan Nara Kreatif untuk mendukung pendidikan anak-anak melalui program daur ulang kertas. Memberikan dana bantuan beasiswa pendidikan untuk anak-anak di bawah naungan Yayasan Nara Kreatif. Tak hanya itu, 3M juga peduli dengan aquaculture di area Semarang, melalui kolaborasi dengan TNC (The Nature Conservacy) melakukan penanaman, perawatan tanaman bakau dan juga memperbaiki aquaculture untuk akhirnya dapat memberikan kesejahteraan bagi petani tambak. Lalu, pada awal tahun 2020, 3M telah menyelenggarakan Science Games, sebuah kompetisi sains dengan cara pengenalan yang menyenangkan dan menarik untuk anak-anak sekolah dasar.

Perusahaan juga terus mengupayakan lingkungan inklusif di mana karyawan merasa aman, terlibat, dan bebas untuk berkreasi dan berinovasi. 3M menetapkan kebijakan "Hari Relawan", dimana mengajak para karyawan untuk berpartisipasi melakukan kegiatan sosial melalui program relawan 3Mgives seperti; membimbing siswa dan pemuda, mendukung organisasi nirlaba, membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam, seperti pandemi Covid-19 dan banyak hal lainnya.    

4. Inovasi Berujung Apresiasi

 

Melalui deretan inovasi produk, layanan dan inisiatif, 3M berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Terbaru, penghargaan di kategori Learning & Development pada acara HR Excellence Award 2020 yang diselenggarakan Majalah SWA. Penghargaan ini menunjukkan komitmen 3M Indonesia untuk tumbuh dan berkembang bersama dengan karyawan melalui program-program pembelajaran yang berkesinambungan.

Pada 2016 lalu, 3M sukses dinobatkan sebagai satu dari 25 World’s Best Multinational Workplaces 2016 oleh Fortune. Kemudian, pada 2017 3M Indonesia berhasil mendapatkan gelar Best Companies to Work for in Asia dari HR Asia. Sedangkan paling baru, 3M berhasil mendapatkan predikat World’s Most Ethical Companies selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada 2019 dan 2020 dari Ethisphere.

Menarik bukan melihat perjalanan 3M Indonesia yang sudah 45 tahun menemani masyarakat Indonesia di berbagai segi kehidupan.

Lebih lanjut untuk dapat mengetahui solusi-solusi kreatif 3M dalam menjawab berbagai tantangan dunia, Anda dapat mengunjungi website www.3M.com atau di Twitter @3M atau @3MNewsroom.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini