Sukses

Akses Menuju Bandara Soetta Macet Parah, Lion Air dan Batik Air Siapkan Kru Cadangan

Lion Air Group sangat memahami atas situasi dan kondisi yang terjadi pagi ini, sehingga memberikan solusi terbaik kepada penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air dan Batik Air memastikan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dan akan meminimalisasi dampak yang timbul agar penerbangan Lion Air Group lainnya tidak terganggu. Hal ini terkait dampak kemacetan lalu lintas menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan,  Lion Air dan Batik Air telah menyiapkan awak kokpit dan awak kabin (air crew), teknisi serta petugas layanan darat (ground handling) untuk siaga di Bandara Soekarno Hatta.

Langkah ini dilaukan untuk bersiap menggantikan (stand by) kru dan staf yang bertugas menurut jam kerja, tapi terkendala hadir. "Dengan demikian, rencana pergerakan pesawat udara dan kru berjalan lancar sebagaimana jadwal," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (10/11/2020).

Selain itu, Lion Air Group telah menginformasikan kepada kru dan staf agar menggunakan akses yang mudah dan tepat sebagai pilihan atau alternatif terbaik menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Lion Air Group menjalankan berbagai langkah strategis yang bertujuan operasional konsisten berada level terbaik, seperti pengaturan pergerakan penumpang dan pesawat, koordinasi intensif bersama pihak terkait guna memastikan kelancaran setiap hari, mengaplikasikan standar prosedur pengoperasian pesawat udara menurut aturan.

"Periode pukul 04.00 – 12.00 WIB, keterlambatan keberangkatan Lion Air rata-rata 72 menit dan Batik Air 62 menit, dikarenakan menunggu sejumlah penumpang," tambah Danang.

Lion Air Group sangat memahami atas situasi dan kondisi yang terjadi pagi ini, sehingga memberikan solusi terbaik kepada penumpang.

Lion Air Group memberikan kebijakan kepada penumpang berupa pembebasan biaya untuk perubahan jadwal keberangkatan (reschedule).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Macet Parah di Akses Bandara Soetta, Sriwijaya Air Gratiskan Biaya Reschedule

Maskapai penerbangan Sriwijaya menggratiskan biaya reschedule atau penjadwalan ulang penerbangan konsumen yang berubah imbas kemacetan parah di jalur menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Kemacetan tersebut merupakan dampak dari kerumunan massa simpatisan Front Pembela Islam (FPI) yang mendatangi Bandara Soetta untuk menyambut kepulangan pemimpin mereka Rizieq Shihab atau Habib Rizieq.

 

"Sriwijaya Air Group memahami betul kondisi sulit yang dirasakan oleh para pelanggan setia yang terdampak kemacetan di kawasan Bandara Soekarno Hatta, sehingga kami pun memberikan fasilitas rebook atau reschedule secara gratis kepada penumpang yang penerbangannya terdampak pada tanggal 10 November 2020 ini," ujar Direktur Niaga Sriwijaya Air Group Henoch Rudi Iwanudin dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Selasa (10/11/2020).

Ribuan kerumunan massa dilaporkan mulai memenuhi kawasan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak dini hari, dan akhirnya sampai menutup akses keluar masuk ke Bandara termasuk kawasan Terminal 1 dan 2.

Airport Station Manager Sriwijaya Air Group di Bandara Soekarno-Hatta Taufik Sabar menyebutkan terdapat beberapa penerbangan Sriwijaya Air dan NAM Air yang terpaksa mengalami keterlambatan.

Penerbangan yang terdampak meliputi penerbangan SJ 184 rute Jakarta-Pontianak, SJ penerbangan 160 rute Jakarta - Balikpapan, penerbangan IN 180 rute Jakarta - Pontianak, penerbangan SJ 072 rute Jakarta - Pangkalpinang, penerbangan IN 056 rute Jakarta - Tanjung Pandan, penerbangan SJ 182 rute Jakarta - Pontianak, penerbangan SJ 054 rute Jakarta - Tanjungpandan, SJ 024 rute Jakarta - Padang dan penerbangan IN 170 rute Jakarta - Semarang.

"Untuk lamanya durasi keterlambatan pun bervariasi antara 1 sampai 3 jam. Melihat kondisi saat ini (Selasa pagi) ada beberapa flight lainnya yang tampaknya akan terkena imbas juga dari kemacetan parah di kawasan Bandara Soekarno Hatta sampai siang hari ini," kata Taufik.

Adapun untuk proses rebook atau reschedule serta refund seluruh pelanggan Sriwijaya Air dan NAM Air dapat langsung menghubungi Call Centre yang beroperasi 24 jam di nomor 0804 17777 77 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.