Sukses

Di Hari Pahlawan, Sri Mulyani Ajak Anak Buah Kalahkan Ancaman Pandemi Covid-19

Dalam Upacara Hari Pahlawan, Menkeu mengajak masyarakat agar bergotong royong menjalani dan menangani krisis covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pada momentum peringatan Hari Pahlawan, Bangsa Indonesia tengah berjuang menghadapi pandemi covid-19. Pandemi ini tidak hanya menyebabkan krisis kesehatan, tetapi juga memporakporandakan perekonomian nasional.

Melihat situasi ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak masyarakat, utamanya jajaran Kementerian Keuangan untuk tidak menyerah pada covid-19.

“Kita semua saat ini sedang berjuang menggunakan seluruh pemikiran kita, pengalaman kita, semangat kita, dan tentu di dalam kewenangan kita mengelola keuangan negara bagi sebaik-baiknya menyiapkan Indonesia untuk bisa tidak hanya melawan, mengendalikan. Dan akhirnya berharap bisa menundukkan ancaman pandemi covid-19,” kata Sri Mulyani dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Sri Mulyani menuturkan, APBN telah melakukan tugas yang luar biasa tahun ini untuk penanganan covid-19. Namun ini belum berakhir. Menkeu mengatakan masih ada perjalanan panjang untuk bisa memulihkan kehidupan masyarakat dan meningkatkan perekonomian.

“Saya ingin dalam Suasana Hari Pahlawan mengajak seluruh jajaran Kementerian Keuangan, marilah kita semua belajar dari pahlawan pendahulu kita yang selalu menghadapi tantangan dengan berdiri tegak, dengan mata menatap tanpa rasa gentar dan takut. Dan dengan hati yang bulat kita semua menghadapi dan berjuang mengatasi masalah dan implikasinya,” seru Sri Mulyani.

Mengutip pesan Bung Tomo, Menkeu menyampaikan, “Selama rakyat Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, maka selama itu kita tidak akan menyerah kepada siapapun juga,” kata dia.

Meneruskan pesan tersebut, Menkeu mengajak masyarakat agar bergotong royong menjalani dan menangani krisis covid-19. “Kita tidak akan menyerah kepada siapapun, termasuk kepada covid-19,” kata dia.

“Mari kita bersama untuk bergandeng tangan, bergotong royong, saling mendukung untuk terus menjaga negara kesatuan Republik Indonesia Jangan Pernah Lelah mencintai RI berikan yang terbaik untuk negara dan bangsa ini,” pungkas Sri Mulyani di Upacara Hari Pahlawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Pahlawan, Jokowi-Ma'ruf Tabur Bunga di Makam BJ Habibie, Ani Yudhoyono hingga Taufiq Kiemas

Sebelumnya, Setelah menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional memperingati Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tabur bunga di makam sejumlah pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Selasa, (10/11/2020). Dia didampingi Wapres Ma'ruf Amin.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi dan Ma'ruf melakukan tabur bunga di empat makam pahlawan. Salah satunya, makam Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

 

Selain makam Habibie, Jokowi-Ma'ruf juga menabur bunga di makam Ketua MPR RI periode 2009-2014 Taufiq Kiemas yang merupakan suami dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Kemudian, makam istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono hingga makam Wapres ke-4 RI Umar Wirahadikusuma.

"1 orang lagi dari Pahlawan dengan pangkat terendah," kata Menteri Sosial Juliari Batubara yang ikut mendampingi Jokowi saat dikonfirmasi, Selasa.

Jokowi dan Ma'ruf tampak memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara. Keduanya didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Agama Fachrul Razi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

3 dari 3 halaman

Kenang Jasa Pahlawan

Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Dia mengingatkan masyarakat untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

"Perjuangan kita kini adalah memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 yang sudah delapan bulan mendera negeri ini," ujar Jokowi dikutip dari akun instagramnya @jokowi, Selasa (10/11/2020).

Dia menekankan bahwa bangsa Indonesia masih berdiri tegak hingga kini karena jasa-jasa para pahlawan. Untuk itu, jasa-jasa para pahlawan tak boleh terlupakan.

"Bangsa ini masih tegak berdiri dan maju berlayar mengarungi zaman karena perjuangan para pahlawan. Mereka hadir di setiap masa dan menyambut setiap tantangan," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.