Sukses

Terdampak Kerumunan Simpatisan Rizieq Shihab, Kereta Bandara Soetta Cuma Sampai Stasiun Duri

Saat ini terjadi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta oleh simpatisan dari Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta ikut terdampak dari kerumunan simpatisan penjemput Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta.

Humas PT Railink Diah Suryandari mengatakan KA Bandara Soetta harus menyesuaikan jadwal akibat kerumunan tersebut.

"Kami laksanakan penyesuaian jadwal perjalanan," ujar dia melalui pesan teks, Selasa (10/11/2020).

Adapun KA Bandara Soetta yang berangkat dari Stasiun Manggarai hanya bisa beroperasional sampai dengan Stasiun Duri karena terdampak dari kerumunan simpatisan penjemput Pimpinan FPI Rizieq Shihab.

Operasional KA Bandara tidak dilakukan di Stasiun Batuceper dan juga Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Pukul 11.19 WIB layanan menuju Stasiun Batuceper dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta baru akan dibuka kembali.

Begitu juga keberangkatan KA Bandara menuju stasiun akhir Stasiun Manggarai. Keberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta ditutup sementara hingga pukul 11.57 WIB.

Sementara keberangkatan hanya dilayani dari Stasiun Batuceper saja.

Seperti diketahui saat ini terjadi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta oleh simpatisan dari Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Simpatisan tersebut diketahui hendak menyambut kepulangan Rizieq Shihab yang rencananya akan tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pukul 09.00 WIB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ribuan Pendukung Rizieq Shihab Duduki Gate 1 Terminal 3 Bandara Soetta

Jelang pesawat yang membawa Rizieq Shihab tiba, ribuan massa Front Pembela Islam (FPI) sudah menduduki Gate 1 Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (10/11/2020).

Dengan membawa atribut berwarna hitam dan poster Rizieq Shihab, massa terlihat bersalawat dan sebagian ada yang duduk di lantai pintu keluar Gate 1. Menurut salah seorang simpatisan, sudah sejak pukul 06.00 WIB massa berada di area Terminal 3.

Tampak beberapa alim ulama menenangkan massa. "Ayo, pencinta Habib Rizieq duduk. Kita harus tertib," ujar salah seorang simpatisan melalui pengeras suara.

Beberapa tokoh FPI yang datang menyambut Rizieq Shihab adalah Ketum FPI Sabri Lubis dan Sekum FPI Munarman. Kemudian tampak Habib Hanif Alatas, Ketum PA 212 Slamet Ma'arif hingga Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin.

Barisan paling depan adalah barikade pasukan TNI. Sementara massa perempuan yang sebagian besar menggunakan cadar, tampak berada di sisi Gate 1. Begitu juga anak-anak, mereka berbaris rapi sembari membentangkan spanduk dari yayasan mereka berasal.

3 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas pada akses menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan massa di dalam area bandara jelang kepulangan pemimpin FPI, Habib Rizieq Shihab ke Indonesia.

Rizieq Shihab yang bertolak dari Arab Saudi pada Senin malam waktu setempat diperkirakan akan tiba di tanah air melalui Bandara Soetta pada Selasa (10/11/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Rekayasa lalu lintas di kawasan Bandara Soetta terpantau sudah dilakukan sejak Senin malam, 9 November 2020. Pantauan di lokasi, sejumlah akses menuju Bandara Soetta dijaga ketat aparat kepolisian, bahkan kawasan Transit Oriented Development (TOD) pun ditutup.

Salah seorang pekerja di kawasan Bandara Soetta, Irfan mengatakan, dirinya baru mengetahui adanya penutupan pada akses jalan tersebut.

"Baru tahu (ada penutupan), makanya ini juga kita minta arahannya untuk akses ke kawasan Soetta, soalnya beberapa titik juga ditutup," katanya.

Alhasil, setiap pengendara yang akan menuju Bandara Soetta, akan diarahkan melalui jalan arteri, yakni kawasan Airnav, Jalan Juanda, Benda, Tangerang yang nantinya akan mengarah ke perimater selatan.

"Ya, untuk yang mau ke Bandara, bisa lewat kawasan Airnav," kata salah seorang petugas kepolisian yang berjaga dititik penjagaan kawasan M1 TOD Soetta.

Hingga saat ini, petugas pun menjaga ketat titik vital di Bandara Seotta, setiap pengunjung bandara pun akan melalui area pemeriksaan, seperti yang ada di area parkir Teminal 3. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.