Sukses

Ketahui, 5 Cara Ajarkan Soal Uang ke Anak

Berikut adalah beberapa kesalahan umum tentang uang yang dilakukan orang tua ke anak.

Liputan6.com, Jakarta Tidak peduli berapa banyak buku tentang parenting yang kita baca, semua orang melakukan kesalahan saat membesarkan anak-anaknya. Salah satu yang paling umum, dan yang bisa menjadi masalah sepanjang hidup, bukanlah mengajari anak-anak tentang uang dan cara mengelolanya saja.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum tentang uang yang dilakukan orang tua dan cara mengajarkan kepada anak terkait pengelola keuangan yang benar, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Rabu (11/11/2020):

1. Jujurlah tentang situasi keuangan keluarga

Jujurlah dan beri tahu anak Anda kondisi keuangan keluarga. Dengan mengatakan kepada anak-anak Anda apa yang Anda mampu dan tidak mampu meskipun itu sulit. Jangan menuruti semua keinginan yang diinginkan sang anak.

Jika dituruti semua, maka anak tidak akan mau paham dengan kondisi keuangan keluarga. Sebaliknya jika Anda memberikan penjelasan kepada anak-anak Anda maka kemungkinan besar mereka akan lebih memahami dan menghargai uang.

2. Ajari mereka tentang tabungan jangka panjang

Kebanyakan orang tua tidak memberi tahu anak-anak mereka berapa biaya Pendidikan hingga kuliah. Maka beritahu anak untuk menabung demi kebutuhan jangka Panjang, seperti untuk Pendidikan, membeli rumah, dan lainnya. Dengan begitu, mereka bisa paham bahwa membiayai Pendidikan itu tidaklah mudah.

3. Jangan membeli barang karena sedang diskon

Anda tentu senang sekali Ketika melihat diskon hingga puluhan persen, baik untuk kebutuhan anak maupun keluarga. Tapi tanpa Anda sadari kebiasaan membelanjakan uang untuk membeli barang diskon sangat merugikan keuangan.

Sehingga Anda perlu memberikan arahan kepada anak agar tidak tergiur dengan barang diskon. Dengan begitu, mereka bisa menentukan barang apa saja yang benar-benar dibutuhkan dan hanya keinginan saja.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jelaskan bila terjadi masalah keuangan

Anak-anak mengamati dan menyerap segalanya. Mereka jauh lebih mahir menangkap sinyal emosional nonverbal daripada yang dipikirkan orang tua.

Anak-anak merasakan stres yang Anda rasakan terkait tagihan atau argumen tentang pengeluaran, tidak peduli seberapa banyak orang tua berusaha menyembunyikannya dari mereka.

Ini mengajarkan mereka bahwa uang adalah sumber kecemasan dan ketakutan karena membuat ibu dan ayah bertengkar. Persepsi yang diinternalisasi ini dapat mempengaruhi cara mereka menangani keuangan mereka sendiri ketika mereka dewasa.

Mereka mungkin enggan memikirkan atau membahas pengelolaan uang karena tidak ingin meniru jenis ketegangan yang dialami semasa kecil ketika tagihan datang.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mempercayai anak Anda. Ajak mereka duduk dan jelaskan apa arti masalah itu.

Katakan kepada mereka bahwa Anda menghasilkan begitu banyak uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Beritahu bahwa setiap keluarga memiliki biaya hidup yang berbeda, dan terkadang hal itu menimbulkan masalah, tetapi orang-orang berhasil melewatinya.

Bergantung pada seberapa muda anak tersebut, mereka mungkin tidak sepenuhnya memahami konsep uang, tetapi mencoba menjelaskannya kepada mereka dengan tenang akan menunjukkan kepada mereka bahwa uang bukanlah hal yang menakutkan.

5. Memimpin dengan contoh yang baik

Anda mengira anak-anak mengindahkan peringatan tentang berbagai hal, tetapi mereka mengindahkan tindakan.

Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk menjelaskan kepada anak yang berusia 6 tahun cara menganggarkan, menabung, dan membuat keputusan yang cermat, tetapi membuang semuanya begitu Anda melihat sepasang sepatu di etalase toko.

Apa yang diajarkan hal ini kepada anak Anda adalah bahwa anggaran tidak penting dan tidak masalah untuk memenuhi setiap dan semua keinginan secara instan.

Semua anak ingin menjadi keren dan dewasa. Tunjukkan kepada mereka bahwa menjadi dewasa berarti membuat pilihan yang hati-hati dan cerdas serta menangani keuangan dengan percaya diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Uang adalah alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya.

    Uang

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan