Sukses

3 Hal yang Perlu Dipastikan Sebelum Menerima Pekerjaan Baru

Jangan sampai lupa untuk menanyakan pertanyaan paling penting ini saat wawara kerja

Liputan6.com, Jakarta - Tentunya setiap orang yang ingin bekerja akan melewati tahapan wawancara kerja terlebih dahulu. Dalam wawancara, tentunya juga banyak pertanyaan yang di luar dugaan yang akan ditanyakan oleh perekrut kerja sehingga membuat calon pelamar bingung dan terbata-bata untuk menjawabnya.

Meskipun banyak pertanyaan yang ditanyakan, terdapat sebuah pertanyaan yang sering gagal diajukan yakni ‘Mengapa pekerjaan ini terbuka?’

Dianggap penting karena jawaban yang diberikan akan mengarah pada wawasan penting jika Anda mendapat dan mengambil pekerjaan di perusahaan tersebut.

Mengutip dari CNBC, Minggu (8/11/2020) berikut adalah alasan penting mengapa tidak boleh mengakhiri wawancara sebelum mengajukan pertnayaan penting ini:

1. Bisa menjadi posisi baru

Jika Anda mendapatkan pekerjaan di posisi baru yang sebelum ada di perusahaan tersebut, maka tidak ada sejarah kinerja yang bisa diandalkan dan Anda menjadi orang pertama yang menetapkan standar.

Pastikan Anda mendapatkan kejelasan tentang ekspetasi manajer. Cari tahu mengapa posisi itu dibuat, apa yang perlu dicapai dan bagaimana kesuksesan akan diukur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan selanjutnya

2.  Anda bisa menggantikan posisi sebagai orang yang luar biasa

Jika karyawan sebelumnya memegang peran penting, tentunya Anda ingin seperti ia dan menanyakan apa yang ia lakukan sehingga dapat membuat seperti itu. Sehingga Anda dapat bertukar pikiran dan membuat posisi kerja lebih maju lagi. 

3. Anda bisa menggantikan yang berkinerja buruk

Apapun alasan karyawan sebelum Anda dikeluarkan atau berhenti, Anda perlu mengetahui hal tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui mengapa mereka tidak melakukannya dengan baik sehingga Anda dapat melakukannya lebih baik lagi.

Mungkin tidak sedikit orang yang berani untuk bertanya banyak hal tentang perusahaan kepada perekrut kerja, namun Anda haruslah melakukan hal tersebut untuk kemajuan kariri di perusahaan tersebut.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.