Sukses

Ingin Cepat Dapat Kerja? Coba Tulis Ulang Resumemu Seperti Contoh Ini

Kondisi seperti ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari pekerjaan kembali. Sehingga sebelum mencari pekerjaan ada baiknya untuk mengatur ulang resume Anda agar dapat dilirik oleh perusahaan dituju

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 membuat banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Akibatnya, semakin banyak orang berlomba-lomba mencari pekerjaan selama pandemi.

Tentu saja, agar bisa mendapatkan pekerjaan yang saat ini diburu oleh banyak orang tersebut memerlukan strategi yang bagus. Salah satunya adalah membuat resume menjadi menarik, efektif dan terhindari dari kesalahan menjadi sangatlah penting.

Kesalahan terbesar yang dilakukan pencari kerja adalah mengirimkan resume yang sama ke setiap jenis pekerjaan yang mereka lamar. Padahal hal itu tidak tepat.

Oleh karena itu lebih baik untuk membuat beberapa versi resume berbeda yang sesuai dengan berbagai jenis pekerjaan yang akan Anda lamar.

Mengutip dari CNBC, Jumat (6/11/2020) pakar karier TopResume Amanda Augustine memberikan beberapa cara cepat mengatur ulang resume Anda untuk mendapatkan pekerjaan:

1. Mulailah dengan pernyataan pribadi

Diri Anda sendirilah yang akan mengetahui cocok bekerja di jenis pekerjaan apa. Sehingga jika melamar pekerajaan yang tampaknya tidak biasa, cobalah pertimbangkan untuk menulis pernyataan pribadi di bagian atas resume Anda untuk lebih menarik.

Anggap saja seperti mempromosikan diri Anda secara singkat untuk menjelaskan kepada pembaca apa yang Anda kejar. Tetaplah fokus pada target pekerjaan di masa depan dan pertimbangkan pekerjaan yang telah Anda lakukan yang akan membawa ke sana.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Sesuaikan riwayat pekerjaan

Untuk dapat menyesuaikan dengan cepat, tiru bahasa yang digunakan dalam deskripsi pekerjaan dari yang Anda lamar. Fokus pada penggunaan kata kunci yang diulang, terutama kata kunci yang menyebutkan keterampilan khusus.

Penting juga untuk susun ulang poin-poin tersebut untuk memprioritaskan apa yang tercantum paling tinggi dalam deskripsi pekerjaan.

3. Tampilkan soft skill

Fokus pada soft skill yang bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan tempat Anda melamar. Manajer perekrutan semakin menyukai kandidat yang menunjukkan 5 keterampilan berikut ini:

- Adaptasi dan fleksibilitas

- Komunikasi

- Berpikir kritis dan pemecah masalah

- Kolaborasi dan kerja tim

- Manajemen waktu

Perlu diketahui bahwa soft skill adalah salah satu hal terpenting karena pada akhirnya yang dapat membedakan kemampuan yang dimiliki antar kandidat pelamar.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.