Sukses

Kemendag: Tak Ada Teman Abadi dalam Sistem Perdagangan Internasional

Saat ini pembagian kerja global di dalam sistem perdagangan global sedang berlangsung. Pembagian tersebut terjadi karena sebuah negara tidak bisa unggul dalam segala hal.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Iman Pambagyo, mengatakan bahwa pandemi covid-19 menimbulkan berbagai tantangan di perdagangan Internasional. Salah satunya semakin ketatnya persaingan perdagangan antar negara termasuk di antara anggota blok perdagangan.

“Tidak ada kata teman abadi, hanya kepentingan nasional abadi, di mana memulihkan kepercayaan pada WTO dan sistem perdagangan multilateral akan membutuhkan waktu. Persaingan menjadi lebih ketat dari waktu ke waktu, termasuk di antara anggota blok perdagangan,” kata Iman dalam diskusi Online, Jumat (6/11/2020).

Tantangan lainnya, meningkatnya kebutuhan akan perdagangan dan diplomasi Kebijakan perdagangan atau ekonomi yang bermasalah, dapat dengan cepat dipenuhi dengan tindakan hukuman atau ditantang berdasarkan perjanjian perdagangan yang berlaku.

Iman melanjutkan, saat ini pembagian kerja global sedang berlangsung. Pembagian tersebut terjadi karena sebuah negara tidak bisa unggul dalam segala hal atau menghasilkan segalanya.

Selanjutnya, strategi untuk mengatasi tantangan perdagangan tersebut diantaranya yang pertama, mengamankan dan meningkatkan akses pasar tradisional sambil menjajaki pasar non-tradisional melalui negosiasi dan diplomasi.

“Kedua, mempercepat transformasi ekspor dari komoditas menjadi produk dan jasa yang memiliki nilai tambah, menaiki tangga rantai pasokan,” ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Produk Ekspor yang Kompetitif

Ketiga, memiliki target yang jelas dengan menghemat waktu dan energi, fokus pada mengekspor dan menarik investasi.

Keempat, meningkatkan pemanfaatan perjanjian perdagangan yang ada seperti AEC, AC-FTA, AI-FTA, AK-FTA, AJ-EPA, AANZFTA dan IP-PTA.

Selain itu kemendag juga tengah meminimalkan penerapan kebijakan yang berpotensi dapat ditindaklanjuti berdasarkan berbagai perjanjian sambil memperbarui "daftar dosa" di negara lain, dengan mengutamakan produk ekspor yang kompetitif dengan memperhatikan produk yang daya saingnya menurun di pasar global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.