Sukses

Warren Buffet Bocorkan 10 Aturan Jitu Jadi Miliarder Sepertinya, Apa Saja?

Siapa sih yang tidak kenal dengan seorang miliarder Warren Buffet. Jika Anda ingin menjadi miliarder sepertinya berikut 10 aturan jitu yang bisa diikuti.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal dengan Warren Buffet. Ia adalah seorang miliarder, pendiri sekaligus CEO Berkshire Hathaway.

Walaupun Warren Buffet merupakan seorang miliarder, namun tetap hidup sederhana. Dia selama ini dikenal memiliki strategi yang investasi yang cerdas sehingga mengumpulkan kekayaan tidaklah rumit baginya.

Dalam mengumpulkan kekayaan hingga seperti sekarang, Buffet melakukan beberapa pendekatan seperti displin, kesabaran, dan naluri yang tidak dilakukan oleh banyak orang.

Tidak dipungkiri, banyak orang yang tentunya ingin menjadi miliarder kaya yang memiliki banyak uang seperti Warren Buffet.

Mengutip dari finance.yahoo.com, Selasa (3/11/2020) berikut 10 aturan yang telah membantu Buffet untuk menemukan dan mempertahankan kesuksesannya:

1. Dimulai dengan komunikasi yang baik

Menjadi komunikator yang kuat: gunakan kata-kata sebagai alat terpenting Anda adalah salah satu aturan yang terpenting.

“Tanpa keterampilan komunikasi yang baik, Anda tidak akan dapat menyakinkan orang untuk mengikuti Anda meskipun melihat dari atas gunung,” ujar Buffet.

Komunikasi adalah salah satu cara terbaik untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan untuk berpikir dalam situasi yang penuh tekanan.

2. Lihat ke depan, jangan ke masa lalu

Saat memutuskan apakah akan berinvestasi di sebuah perusahaan, maka fokuslah pada apa yang akan terjadi di masa depan, bukan sejarah di masa lalunya.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan selanjutnya

3.  Saat berinvestasi, berinovasi – jangan ikuti

Memang terasa sulit, namun Anda haruslah keluar dari kelompok dan kembangkan strategi investasi berdasarkan pengetahuan dan pengalaman.

“Untuk menjadi investor yang sukses, Anda harus memisahkan diri dari ketakutan dan keserakahan orang di sekitar, meskipun itu hampir tidak mungkin,” kata Buffet.

Perlu diingat bahwa bersikaplah terbuka terhadap nasihat yang baik, sehingga dapat membantu memandu Anda menuju kesuksesan finansial.

4. Hidup hemat

Hiduplah di bawah standar kemampuan. Carilah cara baru untuk menggunakan uang, seperti ketika hendak mengikuti asuransi jiwa, Anda dapat memilih polis asuransi jiwa berjangka yang tidak mahal.

5. Selalu bersedia mempelajari hal baru

Bacalah buku atau cari tahu melalui internet tentang berbagai topik yang berbeda setiap harinya. Dengan mengonsumsi informasi tidak hanya akan memengaruhi investasi, tetapi juga akan mempersipakan Anda untuk sukses di semua bidang kehidupan.

Mereka yang menghindari untuk mempelajari hal baru maka dapat berisiko menjadi usang. Ingatlah bahwa tidak akan pernah menjadi tua untuk mempelajari trik ataupun hal baru.

 

 

3 dari 3 halaman

Jurus selanjutnya

6. Ketahui kapan harus melangkah

Trik untuk kesuksesan investasi jangka panjang adalah mengetahui kapan harus pergi. Anda harus mengetahui ketika saham benar-benar merugi, sehingga Anda dapat pergi dan mengantisipasi kerugiaan yang dimiliki.

7. Pikirkan jangka panjang

‘Beli dan tahan’ adalah strategi investasi jangka panjang umum yang mengharuskan untuk bertahan dengan saham bahkan mengalami hari yang buruk.

Buffet tidak keberatan ketika saham yang dimiliki jatuh karena itu adalah peluang bagus untuk membeli lebih banyak saham dengan harga diskon.

8. Jangan pernah menginvestasikan uang pinjaman

Saat ingin melakukan investasi, maka gunakanlah uang Anda sendiri. Menurut Buffet ketika melakukan pinjaman maka itu gila, karena Anda mempertaruhkan apa yang dimiliki dan butuhkan untuk sesuatu yang tidak benar-benar butuhkan.

Karena ketika Anda meminjam untuk berinvestasi, maka ada kaitannya untuk membayar kembali uang yang dipinjam tersebut.

Anda tidak perlu memiliki banyak uang ketika ingin berinvestasi jika menggunakan aplikasi perdagangan saham yang memungkinkan membeli sebagian kecil saham.

9. Dividen adalah kunci pertumbuhan jangka panjang

Warren Buffet sendiri menyukai saham yang memberikan dividen. Dividen berasal dari perusahaan terpercaya yang secara konsisten memenuhi atau melampaui tujuan mereka.

Saham mereka mungkin tidak menghasilkan uang dengan cepat, tetapi dapat membuat investasi berjalan otomatis.

10.  Ingat, segala sesuatu mungkin terjadi

Ingatlah bahwa dalam berinvestasi dan hidup, Anda harus siap karena apapun bisa terjadi. Jika Anda dapat mengingat hal ini maka akan melanjutkannya dengan hati-hati dan membuat keputusan yang tepat untuk investasi.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.