Sukses

Ingin Membeli Mobil? Pikirkan Dulu 4 Hal Penting Berikut

Saat membeli mobil tentunya akan mengeluarkan uang yang sangat banyak, sehingga sebelum membeli mobil coba simak 4 hal berikut ini dulu

Liputan6.com, Jakarta Membeli mobil menjadi salah satu keputusan yang harus dipikirkan secara matang sama seperti keputusan finansial besar lainnya. Sebab membeli mobil tentunya tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan.

Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa memiliki mobil adalah sebuah kewajiban. Dengan alasan, sangat dibutuhkan jika orang tersebut bekerja di luar rumah sehingga membutuhkan mobil untuk berpergian.

Namun ada juga orang yang memandang bahwa mobil dapat menaikkan status derajat mereka dalam kehidupan. Melansir dari Freemalaysiatoday, Senin (30/11/2020) berikut 4 hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil keputusan untuk membeli mobil baru:

1. Tanyakan apa memang membutuhkan mobil baru

Mobil baru dianggap sebagai simbol status yang menunjukkan bahwa seseorang telah berhasil dalam hidupnya. Namun apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum mengambil keputusan membeli mobil.

· Perubahan keadaan: di mana jumlah anggota keluarga mungkin telah meningkat sehingga tidak nyaman bagi keluarga Anda

·  Biaya perbaikan: jika biayanya sama dengan cicilan bulanan untuk mobil baru, maka ada baiknya untuk mengganti mobil lama Anda.

·  Kerugian total: mobil rusak karena kecelakaan atau dicuri. Sehingga di situasi ini seperti ini cukup jelas bahwa mobil sudah tidak ada sehingga dibutuhkannya mobil yang baru

 

 

Saksikan Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan selanjutnya

2. Jenis mobil apa yang mampu dibeli?

Terdapat dua pedoman utama yang digunakan orang untuk mengetahui seberapa besar kemampuan mereka untuk membayar sebuah mobil yakni

· Gaji bulanan x12: ini adalah harga yang mampu dibayar seseorang untuk sebuah mobil

· Nilai mobil yang akan dibeli dengan pinjaman: aturan praktisnya adalah pembayaran bulanan tidak melebihi 15 persen dari gaji bulanan dan jangka waktu pembayaran tidak boleh lebih dari 5 tahun.

Salah satu cara terbaik untuk memperkirakan kemampuan untuk membeli mobil adalah dengan memperhitungkan semua pengeluaran yang biasanya dilakukan setiap bula. Dan diakhirnya melihat apakah ada uang yang cukup tersisa untuk membayar kebutuhan mobil baru.

3. Membiayai pembelian

Cara termurah untuk menggunakan mobil adalah membayar dengan uang tunai karena tidak akan ada lagi bunga pinjaman yang harus dibayar di kemudian hari.

Namun tidak dipungkiri bahwa tidak sedikit orang yang mampu untuk melakukannya, oleh karena itu berikut cara untuk mendanai pembeliannya

· Tukar tambah atau jual kendaraan saat ini: kendaraan yang dimiliki saat ini mungkin masih memiliki nilai jual kembali, sehingga tidak salah untuk menukarnya dengan mobil baru.

·  Gunakan tabungan: jika tidak memiliki mobil untuk ditukar, gunakan tabungan untuk mebiayai setidaknya uang muka 10 persen. Tidak disarankan untuk mengambil pinjaman pribadi.

·  Pembiayaan sewa-beli dari bank: salah satu metode yang paling umum dan penjual mobil dapat membantu.

·   Pembiayaan dengan jangka waktu tetap atau saldo berkurang: dalam lingkungan suku bunga yang lebih rendah, jangka waktu tetap menjadi lebih baik untuk menghindari eksposur terhadap kenaikan suku bunga jika tingkat kebijakan semalam dinaikkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Keputusan akhir

4. Berapa banyak dana mengasuransikan mobil

Berikut adalah beberapa poin umum yang relevan saat ingin mengasuransikan mobil baru Anda

·  Perlindungan pada mobil: jika mobil dalma pembiayaan, maka dapatkan pertanggungan berdasarkan nilai yang disepakati. Jangan memilih opsi nilai pasar atau lebih buruk lagi nilai minimum. Jika mobil Anda hilang ataupun dicuri maka seseorang mungkin harus menambah jumlah tambahan kepada pemberi pinjaman

· Perlindungan bagi pemilik: dalam beberap tahun terakhir, bank dan lembaga keuangan memperkenalkan priduk asuransi jaminan berjangka yang mengurangi pembelian sewa, mungkin Anda bisa mempelajari hal tersebut

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.