Sukses

BMW dan Alibaba Kolaborasi Promosikan Transformasi Digital

BMW dan Alibaba Group menandatangani perjanjian kemitraan strategis.

Liputan6.com, Jakarta - BMW dan Alibaba Group menandatangani perjanjian kemitraan strategis. Berpegangan pada prinsip saling melengkapi dan saling menguntungkan, kedua belah pihak akan memanfaatkan sumber daya masing-masing untuk menjalin kolaborasi komprehensif dalam berbagai bidang, seperti branding, pemasaran, distribusi, operasional, layanan, hingga infrastruktur teknologi informatika.

Kerjasama ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi digitalisasi BMW serta menghadirkan pengalaman digital online-to-offline bagi para pelanggan BMW.

President and CEO of BMW Group Region China Jochen Goller mengatakan, kolaborasi lintas industri dan pertukaran inovasi secara terbuka sangat diperlukan dalam mempercepat transformasi digital pada perusahaannya.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama untuk menghadirkan pengalaman digital online-ke-offline secara holistik bagi pelanggan di Tiongkok, dan pada saat yang sama meningkatkan portofolio produk dan layanan digital kami," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (28/10/2020).

Vice President of Alibaba Group and Secretary General of Enterprise Service for Alibaba Digital Economy, Jet Jing, mengapresiasi jalinan kemitraan strategis ini. Dia menyebutkan, BMW merupakan produsen mobil premium internasional pertama yang memanfaatkan Alibaba Business Operating System (ABOS).

"Sistem ini akan membantu mempercepat proses digitalisasi di seluruh segmen bisnis BMW. Tujuannya adalah agar BMW dapat menyediakan layanan komprehensif untuk para pelanggan, dan mengalami pertumbuhan yang pesat dengan memperluas jaringan serta melayani para pelanggan dengan lebih efisien," jelasnya.

Menurut nota kesepahaman bisnis yang telah ditandatangani, BMW dan Alibaba akan bersama-sama meluncurkan bisnis penjualan dan layanan online pertama yang melibatkan dealer brand otomotif premium. Di masa mendatang, pelanggan dari platform online akan diarahkan ke dealer BMW untuk membuka peluang bisnis baru yang lebih besar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Keanggotaan

Selain itu, dengan adanya sistem keanggotaan Alibaba, BMW dan MINI akan meluncurkan layanan keanggotaan eksklusif dan kampanye pemasaran di berbagai platform online Alibaba. Itu bertujuan untuk meningkatkan kesetiaan dan interaksi pelanggan, serta mendorong pertumbuhan bisnis mereka.

Nantinya, pelanggan dapat membeli mobil BMW dan MINI secara online, mendaftar sebagai anggota komunitas untuk mendapatkan keuntungan eksklusif, serta melakukan reservasi online untuk berbagai layanan. Mulai dari test drive, perbaikan, hingga perawatan kendaraan.

Terdapat pula layanan online yang membantu menentukan paket pembayaran yang paling sesuai dengan kondisi keuangan pelanggan.

Ke depan, BMW dan Alibaba akan berkolaborasi dengan dealer untuk membangun sistem operasi BMW secara digital dari hulu ke hilir. Nantinya pelanggan akan bisa melihat-lihat produk otomotif, membeli mobil, serta memesan perawatan mobil menggunakan platform Alibaba seperti Taobao, Tmall, Alipay, dan Amap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.