Sukses

Harga Minyak Naik Imbas Penutupan Kilang di Teluk Meksiko

Harga minyak mentah rebound pada hari Selasa karena perusahaan menutup beberapa produksi minyak Teluk Meksiko AS

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak mentah rebound pada hari Selasa karena perusahaan menutup beberapa produksi minyak Teluk Meksiko AS menjelang badai yang mendekat. Di sisi lain, lonjakan infeksi virus corona dan peningkatan pasokan Libya membatasi keuntungan.

Perusahaan termasuk BP, Chevron, dan Equinor ASA mengevakuasi rig atau menutup fasilitasnya. Sejauh ini produsen telah menutup 16 persen, atau 294.000 barel per hari (bpd) produksi minyak karena Zeta, yang merupakan badai pada hari Senin tetapi melemah menjadi badai tropis pada Selasa pagi, kata Pusat Badai Nasional AS (NHC).

Namun, lonjakan harga minyak yang dipicu badai mungkin berumur pendek, dengan permintaan diperkirakan akan melemah lagi dengan meningkatnya kasus virus corona.

"Selama ancaman penguncian parsial yang diperbarui masih ada, kompleks minyak perlu memperhitungkan beberapa pelemahan baru dalam permintaan," kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates.

Dikutip dari CNBC, Rabu (28/10/2020), harga minyak mentah Brent naik 58 sen, atau 1,4 persen, menjadi USD 41,03 per barel. Minyak AS naik USD 1,01, atau 2,6 persen, menjadi USD 39,57 per barel. Kedua kontrak turun lebih dari 3 persen pada hari Senin.

Produksi Libya akan pulih menjadi 1 juta barel per hari dalam beberapa minggu mendatang, mempersulit upaya anggota OPEC lainnya dan sekutu untuk membatasi produksi.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC +, berencana untuk meningkatkan produksi sebesar 2 juta barel per hari dari Januari setelah rekor pemotongan produksi tahun ini.

Itu akan memotong pengurangan keseluruhan menjadi 7,7 juta barel per hari - masih merupakan jumlah yang sangat besar menurut standar produsen minyak utama. Tetapi itu mungkin tidak cukup untuk mengimbangi permintaan yang lemah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Presiden Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin, berbicara Kamis lalu, tidak menutup kemungkinan memperpanjang pemotongan lebih lama.

“Karena virus terus menyebar, kemungkinan tambahan produksi OPEC + cenderung berkurang dalam membantu memberikan keseimbangan pada pasar,” kata Ritterbusch.

Angka persediaan minyak mingguan AS terbaru, yang akan dirilis pada hari Selasa dan Rabu, diharapkan menunjukkan peningkatan pasokan. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan stok minyak mentah naik sekitar 1,1 juta barel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.