Sukses

Tak Mampu Bertahan di Tengah Pandemi, 17 Persen IKM di Tangerang Tutup

Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tangerang, perlahan tapi pasti mempengaruhi geliat IKM

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tangerang, perlahan tapi pasti mempengaruhi geliat IKM. Bahkan, berdasarkan survey yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) wilayah setempat, ada 17,9 persen Industri Kecil Menengah berhenti beroperasi saat pandemi ini.

Masih dari survey yang sama, IKM yang masih berproduksi normal yakni 11,4 persen dan yang tetap melakukan produksi meskipun di tengah kesulitan pandemi sebanyak 70,7 persen.

“Kami telah mengirimkan kuesioner kepada 457 IKM yang ada di Kabupaten Tangerang. Namun yang merespon dan mengirimkan kembali kuesionernya, hanya 140 IKM yang tersebar di Kabupaten Tangerang,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Industri Menengah Besar pada Disperindag Kabupaten Tangerang, Hasanudin, Minggu (25/10/2020).

Dia juga mengungkapkan, dari 140 IKM tersebut paling banyak terdapat di Kecamatan Kelapa Dua, yakni sebanyak 45 IKM. Selanjutnya di Pasar Kemis, Curug, dan Legok, dengan masing-masing wilayah ada 15 IKM. Serta di Panongan ada 10 IKM dan Cikupa 9 IKM.

“Dari hasil survei tersebut, didapati sebagian besar IKM sumber modalnya berasal dari pribadi sendiri sebanyak 121 IKM, 16 IKM berasal dari pinjaman perbankan, 2 dari koperasi, 1 (IKM) dari pinjaman lainnya,” ungkapnya.

Kemudian dari 140 IKM tersebut, lanjut Hasanudin, paling banyak produk yang dihasilkan adalah makanan dan olahan makanan, serta minuman maupun kuliner. Namun dari 140 IKM ada 41,4 persen pekerja yang dirumahkan, karena terdampak Covid-19 dan selebihnya 58,6 persen tidak dirumahkan.

“Di tengah pandemi ini, IKM ada yang tidak berproduksi dan ada yang masih melakukan produksi. Yang berhenti operasi 17,9 persen, yang berproduksi normal 11,4 persen dan yang tetap melakukan produksi meskipun di tengah kesulitan pandemi Covid-19 sebanyak 70,7 persen,” tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Modal

Dilain pihak, Kepala Disperindag Kabupaten Tangerang, Ujang Sudiartono menambahkan, dari hasil survei tersebut, pihaknya menyimpulkan bahwa yang paling dibutuhkan oleh perusahaan untuk tetap beroperasi atau bertahan, serta dapat meningkatkan omset di masa pandemi Covid-19 ini adalah permodalan.

"Modal yang penting, dengan bantuan itu justru bisa meningkatkan produktivitas dan bisa terus beroperasi. Disamping urusan pemasaran atau marketing juga jadi permasalahan yang sering dihadapi pelaku IKM,"katanya.

Menurut Ujang, Pemerintah Kabupaten Tangerang di tengah pandemi ini telah banyak mengeluarkan kebijakan. Salah satunya untuk pemulihan dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat.

"Khususnya dunia usaha kecil, bantuan permodalan, bantuan subsidi bunga dan bantuan lainnya," kata Ujang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.