Sukses

Dorong Komunitas Lokal Bertumbuh, Grab Gelar Online Bazar #TerusUsaha Serentak di 14 Kota

Grab telah memperkenalkan lebih dari 40 solusi untuk membantu UMKM bertahan di tengah pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, Grab telah memperkenalkan lebih dari 40 solusi untuk membantu UMKM bertahan di tengah pandemi. Hingga kini, ada lebih dari 350 ribu UMKM baru yang hadir dalam aplikasi Grab di Indonesia.

"Sejak pandemi datang, Grab terus berinovasi membantu lebih banyak UMKM untuk beradaptasi agar ketahanan ekonomi dapat terjaga, melalui program #TerusUsaha," jelas Neneng.

Melalui rangkaian solusi komprehensif untuk percepatan digitalisasi UMKM, Grab mendapat respon positif lewat kerja sama dengan 30 Pemerintah pusat dan daerah. Tak berhenti di situ saja, Grab bahkan meluncurkan tiga solusi baru untuk membantu UMKM beradaptasi untuk dapat memasarkan produk mereka, dengan lebih efektif dan mudah.

Tiga solusi itu berkaitan dengan Online Bazar yang akan digelar pada 26-28 Oktober 2020. Selain itu, Grab juga memperkenalkan fitur Ad Manager dalam aplikasi GrabMerchant. Adapun tiga solusi baru Grab untuk bantu UMKM Indonesia Beradaptasi dan #TerusUsaha, yaitu:

1. Bazar #TerusUsaha

Promosi khusus bagi 52.000 mitra merchant UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress dan GrabKios di 14 kota Indonesia. Grab menyediakan laman khusus #TerusUsaha dengan banner digital pada aplikasi Grab dan portal www.grabforgood.id yang dapat diklik untuk melihat puluhan ribu produk UMKM, berbelanja dan menikmati promo, paket dan beragam penawaran khusus mulai 26 hingga 28 Oktober 2020.

Daftar UMKM dalam aplikasi Grab pelanggan akan disesuaikan berdasarkan lokasi. Menggunakan kode promo 'TERUSUSAHA' pelanggan dapat menikmati potongan harga pada mitra UMKM yang berpartisipasi seperti GrabFood hingga 50%, potongan 20% untuk GrabMart, dan potongan harga pengiriman hingga 90% menggunakan GrabExpress.

2. Pembuatan Iklan Mandiri untuk Mitra Merchant GrabFood

GrabAds Ad Manager membantu mitra merchant dapat dengan mudah mengelola iklan untuk ditampilkan di dalam aplikasi Grab, hanya dalam waktu tiga menit! Melalui aplikasi GrabMerchant, mitra merchant dapat membuat iklan tanpa harus menyewa desainer dengan menggunakan serangkaian fitur yang tersedia.

Dengan 3 langkah mudah yakni memilih tipe iklan, memilih target pengguna, dan mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan, mitra merchant juga dapat memilih tipe iklan yang diinginkan yakni Banner Ad yang dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas toko virtual, melalui penempatan banner di bagian atas halaman muka layanan GrabFood atau Search Ad.

Manfaat dari fitur ini untuk menjangkau pelanggan yang mencari makanan dalam daftar menu dengan menempatkan toko virtual mitra merchant tersebut pada urutan teratas halaman pencarian.

Dengan harga terjangkau mulai Rp57.000 (USD3) per hari, iklan yang dikelola mitra penjual hanya ditampilkan dalam radius pengantaran. Mitra merchant hanya akan ditagihkan biaya iklan apabila pelanggan Grab mengklik iklan tersebut untuk mengakses menu. Selain itu, mitra merchant dapat memonitor performa iklan lewat laporan yang mudah dimengerti.

3. Komunitas & Kelas Khusus UMKM: hadir untuk mendukung UMKM Indonesia melalui transfer ilmu dengan para pakar, juga wadah untuk bertukar pikiran:

  1. Klub Juragan GrabExpress untuk para social sellers berkomunikasi, mengikuti kelas pelatihan atau seminar, dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan GrabExpress. Juga tersedia banyak promo menarik bagi peserta klub ini melalui akun Instagram @KlubJuraganGrabExpress.
  2. Akun Instagram @GrabMerchantID khusus untuk mitra dan calon mitra merchant GrabFood dan GrabMart mendapatkan informasi terkait digitalisasi bisnis bersama Grab. Terdapat banyak tips dan informasi menarik yang bisa membantu merchant UMKM mengembangkan bisnis.
  3. 1001 Tips #TerusUsaha yang memberikan berbagai tips bermanfaat bagi UMKM, termasuk pengelolaan media sosial, fotografi, kemasan, dan masih banyak lagi! Hadir tiap minggu di Instagram dan YouTube channel Grab Indonesia. 

Sebelumnya, Grab telah memberikan iklan gratis bagi ribuan mitra UMKM di Indonesia selama 3 bulan. Iklan ini berhasil menjangkau lebih dari 15 juta masyarakat Indonesia dan penjualan mitra UMKM GrabFood dan GrabMart juga meningkat hingga 20% selama periode ini.

Grab juga bekerja sama dengan Pertamina, Pegadaian, BRI dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat bagi mitra pengemudi dan mitra merchant Grab di Indonesia.

Riset yang dilakukan oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics pada Januari 2020, menyebut Grab menawarkan peluang ekonomi yang lebih baik bagi pekerja informal di 12 kota, serta meningkatkan pertumbuhan bisnis kecil dan menciptakan lapangan pekerjaan di luar platform Grab. Secara keseluruhan, pekerja informal dari platform Grab berkontribusi sebesar Rp77,4 triliun bagi ekonomi Indonesia pada 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan Inspirasi #TerusUsaha UMKM Grab

Tak hanya memberikan puluhan solusi untuk jadi jalan keluar bagi UMKM agar mampu beradaptasi dan bertahan di tengah pandemi. Grab juga memberikan penghargaan untuk empat UMKM lokal yang berhasil #TerusUsaha di tengah pandemi, bahkan juga membawa dampak positif bagi komunitas dan masyarakat di lingkungan mereka.

Para penerima penghargaan mendapatkan trophy dan juga modal usaha dari Grab, serta diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi UMKM lain untuk #TerusUsaha. Siapa saja para UMKM yang beruntung?

Kategori Inspirasi Pemberdayaan Komunitas

Adalah UMKM Sweet Sundae Ice Cream yang berkomitmen memberikan penghasilan lebih baik bagi peternak sapi perah di Yogyakarta, dengan mengolah produknya menjadi susu, es krim, dan yoghurt.

Bisnis ini tadinya merupakan penyuplai catering dan pernikahan dan ketika pandemi tiba, Andro langsung memanfaatkan layanan GrabFood dan juga SiBakul Jogja Markethub dengan GrabExpress. Strategi tersebut akhirnya mampu meningkatkan penjualannya kembali hingga 85% dan mampu terus memberdayakan peternak sapi di Yogyakarta dan bersama mampu #TerusUsaha

Kategori Inspirasi Peduli Lingkungan

Demibumi hadir dengan misinya yaitu membantu edukasi tentang pentingnya memulai kesadaran terhadap kehidupan yang berkesinambungan, dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai yang menghasilkan sampah yang tidak bisa terurai. Demibumi memanfaatkan layanan GrabExpress untuk mengirimkan produknya kepada pelanggan.

Kategori Inspirasi Karya Tak Kenal Usia

Usia yang terbilang senja dan keterbatasan fisik tidak menghalangi Cahyo, sang pemilik, Warung Vanessa Cell di Salatiga untuk bisa mandiri dengan mendirikan warung kelontong. Pada 2017 Cahyo belajar tentang teknologi dan bergabung menjadi mitra agen GrabKios.

Biarpun awalnya kebingungan saat melayani pembeli, Cahyo #TerusUsaha untuk belajar menggunakan aplikasi di ponselnya. Cahyo senang kini dapat melayani transaksi transfer uang, pembelian token listrik, dan pembayaran BPJS bagi pelanggannya yang sebagian besar belum memiliki akses perbankan. Kini Cahyo bisa mandiri dan membantu warga sekitarnya terdigitalisasi secara finansial dengan layanan GrabKios.

Kategori Inspirasi UMKM Pendatang Baru

Adalah UMKM Aus.Kah di Balikpapan. Sang pemilik bisnis bernama Erwin Ansari yang memulai usaha tengah pandemi bermodalkan keahlian meracik minuman yang dilihat di

YouTube dan kini menjual ribuan gelas minuman perhari dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

"Kami harap segala upaya dan inisiatif yang kami lakukan dapat membantu pemulihan ekonomi, dan meningkatkan daya saing serta ketangguhan para UMKM di Indonesia. Mari kita #TerusUsaha untuk mendukung UMKM dan perputaran ekonomi Indonesia!" ajak Neneng.

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.