Sukses

Hai Pekerja Baby Boomer, 7 Bocoran buat Hadapi Pasar Kerja Saat Ini

Berikut beberapa tips bagi baby boomers, atau mereka yang lahir di rentang tahun 1946 hingga 1964 dalam mencari pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Pasar kerja semakin tidak ramah akibat pandemi Covid-19 dibandingkan tahun lalu, sehingga semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan bagi generasi baby boomers (pekerja yang lebih tua).

Secara umum, generasi baby boomer adalah mereka yang lahir dari rentang tahun 1946 hingga 1964, di mana sekarang berusia 56 hingga 74 tahun.

Pekerja yang lebih tua bisa mendapatkan pekerjaan, tetapi dengan cara yang tidak sama seperti dahulu kala.

Oleh karena itu, sekaranglah waktu yang tepat untuk memikirkan kembali bagaimana untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan tahap hidup, memenuhi realitas pasar dan yang paling penting menyesuaikan kaerna harus bekerja dari rumah.

Mengutip dari Yourtango, Selasa (27/10/2020) berikut 7 strategi dan pendekatan yang dapat dilakukan oleh pekerja yang lebih tua untuk berkembang di tempat kerja:

1. Pelajari keterampilan baru

Pada era yang sudah maju seperti sekarang, mempelajari keterampilan ataupun hal baru dapat dengan mudah dilakukan melalui banyak tutorial dan webinar.

Anda dapat mengamati platform yang paling banyak digunakan dibidang pekerjaan yang diinginkan. Peningkatan keterampilan sendiri adalah cara baru untuk membangun nilai atas apa yang ingin Anda lakukan.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi selanjutnya

2. Lakukan pekerjaan virtual

Pekerja yang lebih tua tidak lahir pada era internet atau media sosial yang sudah berkembang dengan pesat seperti sekarang.

Tidak ada kata ‘telat’ untuk belajar, jangan canggung dan merasa ketinggalan karena Anda dapat melihat wawancara melalui platform yang ada untuk melihat bagaimana dapat memahami peluang untuk pekerjaan virtual.

3. Tentukan tujuan hidup dan pekerjaan

Bersikaplah spesifik dan detail tentang jenis pekerjaan yang diinginkan atau diincar. Carilah saran yang dapat mengarahkan kepada tujuan Anda.

Gunakan berbagai platform yang ada untuk membangun diri Anda dan terhubung dengan orang lain yang dapat menyediakan pekerjaan.

4. Bergabunglah dengan komunitas untuk memperluas jaringan

Anda dapat bergabung dengan beberapa komunitas untuk berbagi pengetahuan dan berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu juga dapat membangun reputasi dengan mendapatkan rekomendasi kredibel untuk pekerjaan yang ada, sehingga saat pencari kerja mencari pelamar kerja, maka rekomendasi Anda penting untuk meningkatkan kredibilitas.

 

 

3 dari 3 halaman

Strategi selanjutnya

5. Buat bisnis kecil secara online

Sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk memulai bisnis. Bisa melalui hal yang disukai lalu dapat ditekuni hingga dijual.

Untuk bursa global yang paling banyak digunakan, Anda bisa melihat layanan website Amazon dan Alibaba untuk mengetahui cara memulai bisnis online.

6. Menjadi sukarelawan di organisasi nirlaba

Organisasi nirlaba adalah tempat yang tepat untuk meningkatkan hidup dengan tujuan dan bertemu orang yang memiliki pikiran yang sama dengan Anda sehingga dapat membangun kredensial dan pengalaman.

Seseorang dapat terlibat dengan organisasi nirlaba sehingga dapat menjadi dikenal dan dicari dengan membangun reputasi dan membangun pengalaman yang dimiliki.

7. Terlibat dalam dewan komunitas, kegiatan dan organisasi

Pekerja bisa melibatkan orang lain yang memiliki tujuan yang sama. Mereka yang memiliki minat yang sama untuk mengatasi masalah dapat membantu satu sama lainnya.

Umur seharusnya tidak menjadi penghalang, jadi Anda sekarang dapat menavigasi perjalanan sendiri di rute yang telah ditentukan.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.