Sukses

Patut Tahu Aturan Kelola Uang Sesuai Generasi, dari Umur 20-an Hingga 70-an

Pengelolaan uang jangka panjang penting untuk dilakukan. Karena setiap umur bertambah, tantangan pengelolaan uang pun juga terus mengikuti

Liputan6.com, Jakarta Pengelolaan uang bisa menjadi topik pembicaraan yang berat bagi beberapa orang. Setiap umur bertambah, tantangan pengelolaan uang pun jugaterus mengikuti.

Tapi jika pengelolaan finansial pribadi bisa dilakukan dengan baik, maka uang bisa menjadi alat untuk membantu kamu dalam menangkal beberapa masalah kehidupan.

Maka ini dia tips, untuk bisa mengelola uang dari umur 20 hingga 70, melansir dari Market Watch, Sabtu (24/10/2020):

Umur 20-an:

Mengorganisir Keuangan Sendiri: buat daftar untuk setiap benda atau aset yang dipunyai saat ini. Lalu jangan lupa untuk terus disiplin dalam mencatat setiap pengeluaran, pemasukan dan juga jumlah sisa tabungan yang saat ini tersimpan.

Buat Daftar Anggaran untuk Gaji Perdana: Buat daftar anggaran menjadi tiga, yaitu untuk kebutuhan dasar, tabungan, dan hiburan. Dengan begitu, menjalankan kegiatan hiburan pun tidak harus terganggu dengan keresahan akan merusak jumlah tabungan.

Selanjutnya, jangan lupa mengalokasikan dana untuk kebutuhan-kebutuhanyang bersifat mendadak. Karena tidak akan ada yang pernah tahu, kondisi darurat apa yang akan dihadapi di masa depan.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Umur 30-an:

Pikirkan Masa Depan Karir: Saat mungkin sudah memasuki 5-6 tahun masa kerja, coba refleksikan apakah perlu ada perubahan dalam perjalanan karir yang sedang dijalani.

Misalnya, apakah kenaikan jabatan memungkinkan? atau mungkin ingin membuka bisnis pribadi yang sudah menjadiimpian sejak lama. Mulai refleksikanlah hal-hal tersebut.

Pertimbangkan Sewa atau Beli: Umur 30, adalah periode dimana banyak orang mulai memikirkan untuk mempunyai hunian pribadi. Mulai pikirkan untuk menyewa atauingin langsung membeli sebuah hunian.

Jika ingin menyewa, pastikan penghasilan yang dipunyai sekarang ini, bersifat stabil untuk membayar uang hunian sewa.

Berdiskusi dengan Orang Lain: Jika kamu sudah mempunyai pasangan hidup, komunikasikanlah tantangan atau permasalahan finansial yang ada.

Karena dengan diskusi, akan selalu ada perspektif-perspektif baru yang terkadang tidak terlihat. Mulai bicarakanlah soal pernikahan, tempat tinggal, anak dan lain-lain.

Umur 40-an:

Mulai Serius Soal Tabungan: Pastikan untuk mulai fokus kepada keuangan di masa pensiunan nanti. Mulai kelola keuangan dengan jauh lebih baik dan hati-hati pada periode umur ini.

Dengan nilai tabungan yang solid, maka mimpi seperti ingin membangun aset pensiunan ataupuntujuan laiinnya, masih bisa dilakukan

Tentukan Kebutuhan terhadap Asuransi: Tanyakan kepada diri sendiri, apakah kamu membutuhkan asuransi kehidupan.

Memang sedikit aneh untuk menghitungnilai hidup diri sendiri, tapi semua ini dilakukan untuk kelangsungan hidup keluarga atau partner hidup kamu, jika nantinya sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

 

 

3 dari 3 halaman

Umur 50-an:

Hadapi Masa Pensiunan Transisi: Pastikan dan jujur dengan diri sendiri, kondisi tingkat keuangan saat mendekati masa pensiun.

Apakah tabungan yang sekarang dipunyai, masih cukup untuk nantinya. jika sudah menemukan jawabannya, mulai buat keputusan untuk mengadaptasi gaya kehidupan, atau mungkin kamu masihbelum puas dengan jumlah tabungan yang ada, dan ingin terus bekerja. Mulai pikirkan keputusan masa pensiunan tersebut.

 

Umur 60-an:

Tambahkan Alokasi Hasil Pendapatan: Karena sudah semakin dekat dengan masa pensiunan, maka pertimbangkanlah untuk meningkatkanalokasi hasil pendapatan untuk hidup di masa pensiunan nanti. Alokasi tersebut bisa mulai di distribusikan menjadi investasi kecil-kecilan.

Pikirkan Bagimana Kehidupan Pensiunan Nanti: Saat kamu sedang mempertimbangkan banyak hal, mulai pikirkan apakah ingin tetap di rumah hunian yang sama. Ataukamu mungkin mempunyai tempat hunian impian yang ingin ditempati bersama dengan pasangan hingga akhir hari nanti.

Umur 70-an:

Pikirkan Harta Warisan: Pembicaraan ini memang sensitif untuk sebagaian orang, tapi pastikan selalu warisan kamu nanti jatuh ditanganyang tepat. Sehingga apa tujuan jangka panjang kehidupan yang diingini untuk anak-anak kamu bisa terwujudkan.

Pikirkan Kehidupan Setelah Masa Kerja: Tidak peduli seberapa keras seseorang bekerja, pada usia tua nanti semua individu akan mengalami masapensiunan. Pikirkan hobi atau kegiatan impian di luar kerja yang selama ini ingin dicapai. Jika belum ada, mulai rencanakan dengan baik, untuk menghindarkebosanan karena sedikitnya variasi aktivitas kehidupan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.