Sukses

Deretan Orang Paling Tajir di China Tahun 2020

The Hurun Research Institute merilis peringkat orang terkaya tahun 2020 di China, simak siapa sajakah orang terkaya tersebut

Liputan6.com, Jakarta Meskipun pandemi Covid-29 melanda seluruh dunia, namun orang-orang tajir atau miliarder di China ini tetap dapat mempertahankan kekayaan mereka.

The Hurun Research Institute kembali merilis peringkat orang terkaya China di 2020, dengan mengacu pada kekayaan sebesar 2 miliar yuan atau setara USD 290 juta. Perhitungan kekayaan sendiri dimulai dari 28 Agustus.

“Tahun ini terjadi peningkatan kekayaan terbesar dalam 22 tahun Daftar Hurun di China. Boom pasar saham dan langkah IPO mampu mencetak lima miliarder baru di China selama setahun terakhir. Dunia belum pernah melihat kekayaan sebanyak ini yang tercipta hanya dalam satu tahun,” ujar Rupert Hoogewerf, Kepala Peneliti Hurun dalam situsnya, Rabu (21/10/2020).

Dia menuturkan jika pengusaha China telah melakukan jauh lebih baik dari harapan. Bahkan di tengah wabah Covid-19 kekayaan mereka telah meningkat ke level rekor.

Harta orang terkaya di China saat ini bertambah USD 1,5 triliun. Lebih banyak kekayaan yang diciptakan pada tahun ini, daripada gabungan dari 5 tahun sebelumnya.

Hal tersebut menunjukkan struktur ekonomi telah berkembang, jauh dari sektor tradisional seperti manufaktur dan real estat menuju ekonomi baru.

Separuh dari 10 besar orang kaya di China mendapatkan kekayaan dari industri yang sedang berkembang dan separuh lainnya dari industri tradisional.

Mengutip dari hurun.net, Rabu (21/10/2020) berikut daftar 10 orang terkaya di China tahun 2020:

1.  Jack Ma

Jack Ma untuk ketiga kalinya mempertahankan posisi teratas dengan kekayaan USD 58,8 milliar Rp 864,3 triliun), naik 45 persen karena IPO platform fintech Ant dan kinerja yang kuat dari platform e-niaga Alibaba.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peringkat Selanjutnya

2. Ma Huateng

Yang akrab dikenal sebagai Pony Ma, berada diurutan kedua dengan kekayaan naik 50 persen menjadi USD 57,4 miliar. Dia memiliki bisnis game Tencent yang berjalan dengan baik. Kunci kesuksesannya berada di game online dan fintech.

3. Zhong Shanshan

Meleset langsung masuk ke top 3 dengan kekayaan USD 53,7 miliar. Yang memiliki perusahaan air minum kemasan Nongfu dan perusahaan vaksinasi Wantai Biotechnology.

4. Wang Wei

Raja pengiriman ekspres dari SF Express juga mengalami tahun yang luar biasa, di mana lebih mencapai lebih dari dua kali lipat kekayaannya menjadi USD 35,3 miliar sehingga dapat menembus 10 besar bahkan 5 besar.

5. Xu Jiayin

Kekayaan USD 34,6 milliar, bisnis Evergrande real estate. Turun dua tingkat karena sektor real estat mengalami tahun yang buruk.

6. He Xiangjian dan keluarga

Kekayaan USD 33,1 miliar, turun dua tingkat. Bisnis Midea, perusahaan listrik terbesar di dunia yang terkenal dengan pendingin ruangannya. 

 

3 dari 3 halaman

Deretan selanjutnya

7. Yang Huiyan dan keluarga

Dia memiliki kekayaan USD 33,1 miliar. Bisnis real estate Country Garden. Sama seperti Xu Jiayin (peringkat kelima) yang mengalami turun peringkat karena real estate mengalami tahun terburuknya.

8. Ding Lei

Saat ini, kekayaannya mencapai USD 32,4 miliar. Kekayaan bersumber dari bisnis game online, Netease yang merupakan salah satu dari perusahaan internet China yang masuk daftar ganda di Hong Kong.

9. Huang Zheng

Kekayaan Huang Zheng naik 63 persen menjadi USD 32,4 miliar, namun peringkatnya turun 1 posisi. Memiliki bisnis e-commerce yakni Pinduoduo. Itu karena bisnis e-commerce mengalami tahun yang baik dibandingkan dengan real estate.

10.  Qin Yinglin dan Qian Ying

Sepasang suami istri produsen dari daging babi yang mendirikan Muyuan Foods. Kekayaan mereka yang berlipat ganda sehingga untuk pertama kalinya mendorong mereka masuk dalam 10 besar. Kekayaan yang dimiliki USD 29,4 miliar.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • 2020