Sukses

Dirut PTPN III: Pemerintah Tak Harus Swasembada Semua Komoditi

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) meminta pemerintah tidak latah mewujudkan swasembada di semua komoditi

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III Mohammad Abdul Gani menyayangkan keputusan pemerintah atas moratorium sejumah Non Government Organization (NGO) luar negeri mengenai kelapa sawit (CPO).

“Saya sangat sayangkan pemerintah mau didikte oleh NGO luar negeri sehingga membuat moratorium. Sebenarnya dengan pendekatan tata kelola konservasi kita bisa gunakan LSP atau ICC itu sertifikasi bagaimana kita mengendalikan agar karbon itu tidak terjadi penguapan yang tidak terkendali,” kata dia dalam acara MarkPlus Government Roundtable: Pemulihan Ekonomi di Sektor Pertanian, Senin (19/10/2020).

Abdul menyebutkan, Indonesia masih bisa memperluas lahan kelapa sawit hingga 20 juta hektar. Dengan perkiraan dapat menghasilkan 80 juta KL CPO. Namun kedepannya, ia menilai besaran tersebut mestinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

“Saat ini, dengan kebijakan konsumsi bahan bakar 30 persen, maka yang terpakai untuk biodiesel hanya 4,7 juta KL. Artinya hanya 10 persen dari produksi CPO nasional,” kata dia.

“Kalau sekarang katakanlah 80 persen CPO dan turunannya diekspor, maka ke depan harus dibalik. Kita penuhi kebutuhan energi di dalam negeri berbasis CPO,” lanjut dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Latah

Abdul menambahkan, mestinya pemerintah tak perlu latah untuk mendompleng semua komoditi untuk bisa swasembada. Pasalnya, memang ada sejumlah komoditi yang bukan berasal dari Indonesia. Sehingga untuk komoditi yang seperti itu, Indonesia jelas kalah dibandingkan dengan negara produsen aslinya.

“Pemerintah ketika akan mengembangkan ekspor atau yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi utamanya di sektor pertanian tidak perlu latah berpikir untuk semua komoditi kita swasembada. Karena secara alamiah tidak mungkin Indonesia akan mampu bersaing untuk produktivitas sejumlah komoditas yang memang bukan berasal dari Indonesia,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.