Kreatif Lokal Award 2020 Digelar, Ini Peserta yang Masuk Babak Final

Oleh Athika Rahma pada 18 Okt 2020, 20:34 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 20:34 WIB
Adira Finance
Perbesar
Kegiatan seru untuk menemukan UKM terbaik di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Festival Kreatif Lokal Award 2020 kini memasuki babak akhir. Tersisa 30 UKM terbaik yang akan bersaing meraih penghargaan tertinggi di penjurian final pada 18 dan 25 Oktober 2020.

Tahap ini menghasilkan 30 peserta yang masuk ke babak semi-final pada 14 Oktober 2020 lalu, dan berhasil memilih 18 finalis yang berasal dari 6 kategori ekonomi kreatif.

Pada sesi penjurian final pertama, terdapat kategori Fashion, Pertunjukkan dan Fotografi. Di kategori Fashion, ada 3 finalis yaitu Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint. Masing-masing brand memiliki keunikan tersendiri. Dalam penjurian hari ini, Minggu (18/10/2020), mereka menjelaskan produk mereka.

"Kami ingin memberikan angin segar lepada wanita perkotaan melalui fashion dengan teknik eco-print yang menghasilkan warna dan motif kain yang alami," ujar Alfira dari UKM Semilir dalam tayangan di Vidio.com, Minggu (18/10/2020).

Lalu, Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio datang sebagai finalis di kategori Pertunjukan.

"Kita melihat usia dini sudah meninggalkan dunianya sendiri. Budaya lokal sendiri sudah tergerus dari hal luar. Ini usaha kami untuk meningkatkan congwayndut ini supaya bermanfaat di masyarakat," ujar Subhan, perwakilan tim Congwayndut.

Sementara di kategori Fotografi ada Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography.

Selain itu, di kategori Kuliner yaitu Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan WayoStrawberry. Untuk kategori Video ada Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio. Terakhir di kategori Kriya adalah Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon.

Dalam memberi penilaian, para juri menyampaikan apresiasi mereka dan objektifitas penilaian mereka. Meski konsep bisnis yang diusung kreatif dan inovatif, namun masih banyak hal-hal yang harus ditingkatkan agar kualitas produk lebih ciamik.

Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi menyatakan, penjurian final akan menggunakan variabel penilaian seperti inovasi dan kreativitas usaha, portofolio usaha serta presentasi produk

"Dan juga dampak positif usaha mereka terhadap lingkungan sekitar dan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia," ujarnya.

 

Adira Finance
Perbesar
Adira Finance.

Direktur Utama KapanLagi Youniverse Steve Christian juga menyatakan, ajang ini menjadi kesempatan besar untuk pelaku UKM mendapatkan exposure agar usaha mereka dikenal.

"Jarang ada event di mana perusahaan besar seperti Adira Finance dan Pemerintah, bekerja sama mendukung UKM dengan totalitas. Ditambah lagi dengan dukungan banyak perusahaan media di bawah Emtek,” ujar Steve.

Para pemenang Kreatif Lokal Award 2020, akan diumumkan pada 13 November 2020, bertepatan dengan malam perayaan HUT ke-30 Adira Finance.

Mereka akan berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total hadiah ratusan juta rupiah, business coaching dan pendampingan usaha dari Kemenparekraf, serta eksposure di media massa.