Jurus Sukses Saat Baru Diterima Bekerja Tapi Harus Kerja dari Rumah

Oleh Liputan6.com pada 20 Okt 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 20 Okt 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi melamar kerja - cv
Perbesar
Ilustrasi kerja (Foto: Unsplash.com/ Raw Pixel)

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang bekerja di kantor, yang sudah menjalani kurang lebih 7 bulan bekerja dari rumah mungkin sudah dapat menyesuaikan diri. Namun akan terasa sulit bagi Anda yang baru akan memulai pekerjaan baru dari jarak jauh.

Mengenal perusahaan, teman kerja, bahkan tata letak kantor menjadi lebih sulit karena tidak memiliki pengalaman sedikitpun untuk terhubung dengan orang lain secara langsung. Sehingga butuh banyak waktu untuk Anda dapat beradaptasi dengan pekerjaan baru tersebut.

Mengutip dari CNBC, Selasa (20/10/2020) para ahli memberikan cara bagi Anda mempersiapkan diri untuk sukses memulai pekerjaan baru dari jarak jauh:

1. Bersikap Positif

Membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk melamar pekerjaan baru. Jadi luangkan waktu untuk merayakannya ketika Anda mendapatkan peran baru.

Jika Anda mengambil jenis pekerjaan atau divisi yang berbeda dari pekerjaan sebelumnya, mungkin akan merasa cemas untuk memulainya. Terutama jika Anda berada di lokasi terpencil dan tidak dapat mengandalkan interaksi langsung untuk menyesuaikan diri.

Cobalah untuk tidak membiarkan sindrom penipu, di mana Anda meragukan kemampuan untuk berhasil dalam pekerjaan di tempat baru tersebut. Tuliskan keterampilang terbaik yang Anda miliki dan menampilkannya di depan ruang kerja Anda.

2. Siapkan ruang kerja 

Mulailah transisi dalam pekerjaan baru dengan mengubah ruang fisik untuk Anda bekerja. Segarkan ruang kerja baru, baik hanya menambahkan karya seni atau tanaman baru ke meja.

Hal tersebut dapat membantu Anda secara psikologis dan mulai dengan pandangan baru. Walaupun masih di rumah yang sama tapi terdapat perasaan baru dalam hal ini.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara selanjutnya

Work From Home
Perbesar
Ilustrasi Kerja dari Rumah (Foto: DarkWorkX/Pixabay)

3. Buat Target Pencapaian di Kantor 

Setelah beberapa hari bekerja, Anda pasti ingin berdiskusi lebih dalam lagi dengan manajer tentang ekspektasi mereka terhadap Anda dalam peran baru tersebut.

Sehingga ajukan pertanyaan gambaran besar tentang apa yang mereka harap akan Anda capai dalam enam bulan pertama hingga satu tahun bekerja.

Pertanyaan ini menjadi lebih penting jika organisasi telah melalui banyak tantangan terutama ketika pandemi Covid-19.

4.Tetapkan standar komunikasi

Dalam lingkungan kerja jarak jauh, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mempelajari cara berkomunikasi satu sama lain secara digital.

Jika Anda seorang manajer, lakukan percakapan tersebut dengan orang-orang yang akan melapor tugas kepada Anda. Ingatlah bahwa Anda harus meninjau kembali percakapan ini dari waktu ke waktu.

Waspadailah salah tafsir dalam teks tertulis dan ingat bahwa ini bukan masalah pribadi, namun sebaliknya kemungkinan itu berasal dari kurangnya hubungan kerja sebelum atau informasi yang hilang. Ketika muncul pada situasi tersebut, tawarkan untuk menelepon atau video untuk menyelesaikannya.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara selanjutnya

Ilustrasi meja kerja
Perbesar
Kerja di rumah lebih semangat dan produktif dengan 4 warna berikut ini. (Foto: Unsplash)

5. Kenali tim

Akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk mengenal rekan kerja karena tidak bertemu secara langsung di kantor. Para ahli menyarankan untuk membuat setidaknya 30 menit jaringan murni setiap minggunya.

Lakukan terlebih dahulu dengan orang yang bekerja secara langsung dengan Anda.  Jaringan internal adalah bagian dari melakukan pekerjaan Anda dengan baik dan juga membangun karir.

6. Letakkan mendasar untuk hubungan kerja yang dalam

Tentu saja, akan terasa berbeda ketika menjalin hubungan dengan rekan kerja secara langsung maupun jarak jauh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk percakapan yang lebih pribadi. Sehingga dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih relasional daripada hubungan bisnis yang sulit untuk dipertahankan pada saat ini.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara selanjutnya

Dukung Gerakan di Rumah Aja, Tokopedia Gratiskan Biaya Layanan Penjualan Produk Kesehatan
Perbesar
Ilustrasi bekerja dari rumah. (dok.Foto Mikayla Mallek/Unsplash)

7. Cari Tahu Dampak Pandemi ke Perusahaan Seberapa Besar

Jika Anda bergabung dengan perusahaan yang mengalami tantangan akibat pandemi Covid-19, maka pahamilah bahwa semangat rendah dalam organisasi bukanlah cerminan dari Anda bergabung, tunjukkan belas kasih kepada orang yang harus beradaptasi dalam setahun terakhir.

Anda mungkin ingin bertanya secara langsung kepada atasan tentang bagaimana perubahan dalam perusahaan dapat memengaruhi peran Anda.

Lengkapi diri Anda dengan informasi nyata dari sumber terpercaya tentang apa yang terjadi di perusahaan daripada mengandalkan rumor.

8. Tempat Belajar

Ingatlah bahwa Anda memasuki lingkungan yang benar-benar baru di tempat kerja. Hal-hal bisa terasa sangat tidak pasti jika Anda bekerja dari jarak jauh.

Oleh karena itu ambilah berapa bulan pertama di tempat kerja sebagai kesempatan untuk mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan tentang perusahaan dan peran Anda. Beri diri Anda waktu sekitar satu tahun untuk beradaptasi.

 

Reporter: Tasya Stevany

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya