Sukses

Bingung Saat Harus Memilih Panggilan Kerja Bersamaan, Begini Nasihat Pakar Karir

Jika Perusahaan A mengetahui bahwa Anda memikirkan opsi lain, mempekerjakan Anda akan berisiko.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mencari pekerjaan, tentunya banyak orang memasukkan langsung CV ke semua perusahaan yang diinginkan. Namun saat 2 perusahaan langsung meminta untuk wawancara, kerapkali Anda sendiri bingung untuk memilihnya.

Hal ini sering terjadi dan bisa membuat stres karena mungkin Anda benar-benar mengharapkan tawaran dari perusahaan B, atau menyukai kedua perusahaan dan menunggu untuk mempertimbangkan pilihan Anda.

Oleh karena itu, hal  pertama dan penting jangan pernah untuk memberitahukan satu perusahaan bahwa Anda tidak dapat memberikan jawaban karena masih menunggu kabar tentang penawaran perusahaan lainnya.

Mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan? Karena jika Perusahaan A mengetahui bahwa Anda memikirkan opsi lain, mempekerjakan Anda akan berisiko. Itu karena mereka mengasumsikan bahwa itu bukan pilihan pertama Anda. Sehingga dalam beberapa kasus, mereka bahkan akan membatalkan tawaran tersebut.

“Setelah pemberi kerja mempertimbangkan gaji pokok, pajak dan tunjangan, biaya sebenarnya untuk mempekerjakan seseorang biasanya 1,25 hingga 1,4 kali kisaran gaji pokok,” menurut sebuah studi MIT.

Melansir dari CNBC, Kamis (22/10/2020) berikut cara menanggapi tawaran pekerjaan yang sudah didapatkan:

1. Segera setelah Anda menerima surat resmi dari Perusahaan A, beri tahu mereka

“Terima kasih banyak atas kesempatannya. Saya ingin beberapa waktu untuk mempelajari seluruh penawaran tertulis untuk melihat apakah saya memiliki pertanyaan. Bisakah saya menghubungi Anda kembali besok?

Sebagian besar pemberi kerja tidak memiliki masalah dengan kandidat yang ingin melakukan uji tuntas. Jadi mereka mungkin akan memberikan Anda waktu lebih dari 24 jam untuk membuat keputusan

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menanggapinya

2. Kemudian, gunakan waktu yang ada untuk mengukur peluang Anda mendapatkan tawaran dari Perusahaan B

 “Saya baru saja menerima tawaran dari perusahaan lain, tetapi Anda adalah pilihan pertama saya. Apakah saya masih bisa mencalonkan diri untuk posisi ini? Dan jika demikian apakah Anda memiliki gambaran tentang kapan Anda akan mengambil keputusan?”

Dengan cara ini, Perusahaan B akan tahu bahwa mereka mungkin akan kehilangan Anda sebagai kandidat dan akan termotivasi untuk bergerak lebih cepat atau memberitahukan Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Jika perusahaan tersebut tidak dapat memberikan jawaban yang pasti dan tidak 100 persen yakin Anda akan mendapatkan pekerjaan itu, maka hal cerdas yang haris dilakukan adalah mengambil pekerjaan dari Perusahaan A.

Terdapat alasan mengapa Anda perlu untuk mengambil pekerjaan dari Perusahaan A, karena mungkin tidak akan mendapatkan tawaran dari Perusahaan B.

Sekarang Anda tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Anda mungkin mendapatkan tawaran dari Perusahaan B, namun selama jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah menerimana tawaran Perusahaan A kemudian mundur saat mendapat tawaran dari Perusahaan B.

 Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.