Sukses

Harga Minyak Naik Dipengaruhi Ekonomi China Kian Membaik

Harga minyak rebound pada hari Selasa, didukung oleh data ekonomi yang kuat dari China

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak rebound pada hari Selasa, didukung oleh data ekonomi yang kuat dari China yang mengimbangi kembalinya pasokan di wilayah lain.

Namun kenaikan dibatasi oleh perkiraan untuk pemulihan yang lambat dalam permintaan minyak global karena kasus virus corona meningkat.

Dikutip dari CNBC, harga minyak mentah berjangka Brent naik 72 sen, atau 1,7 persen menjadi USD 42,44 per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate ditutup 77 sen, atau 1,95 persen, lebih tinggi pada USD 40,20 per barel. Pada hari Senin, kedua benchmark turun hampir 3 persen.

China, importir minyak mentah terbesar dunia, menerima 11,8 juta barel per hari (bph) minyak pada September, naik 5,5 persen dari Agustus dan naik 17,5 persen dari tahun sebelumnya. Tetapi masih di bawah rekor tertinggi 12,94 juta bpd di Juni, data bea cukai menunjukkan.

“Harga minyak, yang mengalami pukulan cukup keras pada hari sebelumnya, mencari titik terang dan Selasa menawarkan hal itu,” kata analis pasar minyak senior Rystad Energy Paola Rodriguez-Masiu.

“Kami menemukan bahwa rekor pertumbuhan minyak mentah China siap dihentikan karena kilang independen hampir sepenuhnya menggunakan kuota impor yang dikeluarkan negara dan perusahaan berjuang dengan persediaan minyak mentah yang sangat tinggi. Oleh karena itu, terlepas dari antusiasme awal, kami menemukan bahwa kenaikan harga minyak saat ini tidak dapat dibenarkan,” katanya.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan dalam World Energy Outlook bahwa dalam skenario utamanya, vaksin dan terapi dapat berarti ekonomi global pulih pada 2021 dan permintaan energi pulih pada 2023.

Tetapi jika skenario pemulihan yang tertunda, dikatakan bahwa pemulihan permintaan energi didorong kembali ke tahun 2025.

“Era pertumbuhan permintaan minyak global akan berakhir dalam 10 tahun ke depan, tetapi dengan tidak adanya perubahan besar dalam kebijakan pemerintah, saya tidak melihat tanda yang jelas dari puncaknya,” kepala IEA Fatih Birol mengatakan kepada Reuters .

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi OPEC

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) juga memperkirakan pemulihan permintaan yang lebih lambat pada hari Selasa.

Dalam laporan bulanan, disebutkan permintaan minyak akan naik 6,54 juta barel per hari tahun depan menjadi 96,84 juta barel per hari.

Pembatasan sosial diperketat di Inggris dan Republik Ceko untuk memerangi meningkatnya kasus COVID-19, dan Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan dia tidak dapat mengesampingkan penguncian lokal.

Di sisi pasokan, pekerja telah kembali ke anjungan Teluk Meksiko AS setelah Delta Badai dan pekerja Norwegia ke rig lepas pantai setelah mengakhiri pemogokan.

Menteri energi dari Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan pada hari Selasa bahwa produsen minyak OPEC + akan tetap pada rencana mereka untuk mengurangi pengurangan produksi minyak mulai Januari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.