Sukses

Harga Minyak Turun usai Aksi Mogok Kerja di Norwegia Berakhir

Harga minyak turun pada hari Jumat setelah pemogokan pekerja minyak di Norwegia berakhir

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak turun pada hari Jumat setelah pemogokan pekerja minyak di Norwegia berakhir, yang seharusnya meningkatkan produksi, meskipun produksi di Amerika Serikat masih turun menjelang badai.

Dikutip dari CNBC, harga minyak mentah berjangka Brent turun 49 sen, atau 1,13 persen, menjadi USD 42,85 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate ditutup 59 sen, atau 1,4 persen, lebih rendah pada USD 40,60 per barel.

Perusahaan minyak Norwegia telah mencapai kesepakatan upah dengan pejabat serikat pekerja, mengakhiri pemogokan yang mengancam untuk memotong produksi minyak dan gas negara itu hampir 25 persen minggu depan. Negosiator untuk masing-masing pihak mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat.

Kedua kontrak berada di jalur untuk kenaikan mingguan sekitar 10 persen minggu ini, kenaikan pertama dalam tiga minggu.

Contango enam bulan Brent, struktur pasar di mana kontrak berjangka Brent bulan depan diperdagangkan dengan diskon untuk kontrak selanjutnya yang menyiratkan kelebihan pasokan saat ini, telah menyusut menjadi sekitar USD 1,90 per barel dari USD 3,24 kurang dari sebulan yang lalu.

Di Norwegia, kepala serikat yang memimpin pemogokan pekerja lepas pantai mengatakan kepada Reuters bahwa dia berharap ada kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan upah dengan perusahaan minyak pada hari Jumat setelah pertemuan dengan seorang mediator.

Eskalasi pemogokan bisa mencapai hampir tiga kali lipat dari pemadaman yang ada jika tidak ada solusi yang tercapai hingga 14 Oktober, sehingga total kapasitas yang dipangkas menjadi sekitar 934 ribu barel setara minyak per hari.

“Tak perlu dikatakan bahwa resolusi konflik akan menarik permadani dari bawah kaki banteng,” kata analis PVM dalam sebuah catatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Badai Delta

Di Teluk Meksiko, Badai Delta telah menutup 1,67 juta barel per hari, atau 92 persen dari produksi minyak Teluk, terbesar sejak 2005 selama Badai Katrina. Produsen juga telah menghentikan hampir 62 persen dari produksi gas alam di kawasan itu, atau 1,675 miliar kaki kubik per hari.

“Kami yakin kami akan segera menghadapi koreksi harga minyak ketika pemogokan di Norwegia teratasi dan ketika badai di AS hilang ... Tingkat harga $ 40 + ini sama rapuhnya seperti kaca,” Kepala Pasar Minyak Rystad, Bjornar Tonhaugen , kata.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak mengatakan pada Kamis bahwa permintaan minyak dunia akan stabil pada akhir 2030-an dan pada saat itu bisa mulai menurun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.