Sukses

Tak Hanya Dirusak, Gedung Kementerian ESDM Juga Dijarah

Gedung Kementerian ESDM menjadi sasaran perusakan massa aksi unjuk rasa penolakan pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jalan Medan Merdeka, menjadi sasaran perusakan dan penjarahan oleh perusuh dalam unjuk rasa penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, Kamis (8/10). Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Kepala Biro Humas Kementerian ESDM, Agung Pribadi.

"Ya kemarin ada massa yang masuk ke lobi dan melakukan perusakan fasilitas seperti kaca lobi di dua gedung pecah, 7 sampai 8 mobil juga dirusak dan sebagian ada yang menjarah laptop. Tapi bukan pendemo murni ini kelompok perusuh," ujar dia ketika dihubungi Merdeka.com, Jumat (9/10/2020).

Kendati demikian, Agung memastikan tidak ada pegawai Kementerian ESDM yang mengalami luka-luka saat kerusuhan berlangsung. Mengingat seluruh pegawai yang bertugas telah diperintahkan meninggalkan lokasi tepat pukul 13.00 WIB kemarin.

"Alhamdulillah tak ada pegawai kita yang menjadi luka atau korban jiwa. Sejak jam 1 siang kemarin kami sudah dapat arahan untuk meninggalkan gedung atas pertimbangan sistuasi yang tak kondusif," jelas dia.

Pun, saat kerusuhan berlangsung jumlah pegawai kerja yang bertugas dilokasi juga dalam jumlah yang tidak banyak. "Karena ESDM masih memberlakukan WFH. Jadi sedikit yang bertugas. Cuma ada petugas keamanan," paparnya.

Lebih lanjut, dia mengaku prihatin atas demo anarkis untuk menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja pada awal pekan ini. Terlebih banyak fasilitas umum yang mengalami kerusakan berat di berbagai wilayah ibu kota.

"Yang pasti kita prihatin sih. Harapannya jangan sampai terulang lagi. Apalagi banyak juga sarana publik yang dirusak dimana-mana," terangnya.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbas Demo Brutal UU Cipta Kerja, Gedung Kementerian ESDM Rusak Parah

Beredar foto kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjadi sasaran perusakan massa aksi unjuk rasa penolakan pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja. Kepala Biro Humas Kementerian ESDM, Agung membenarkan foto tersebut merupakan salah satu bagian dari kompleks Kementerian ESDM.

"Benar (foto) itu (di) ESDM," kata Agung saya dikonfirmasi merdeka.com, Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Agung hanya mengatakan ada beberapa pendemo yang masuk ke area kompleks Kementerian ESDM dan merusak gedung. Tak hanya itu, masa aksi juga merusak beberapa mobil yang terparkir di depan gedung.

"Sebagai pendemo yang masuk dan merusak gedung dan beberapa mobil yang diparkir," cerita Agung.

Agung mengaku tidak tahu persis waktu kejadiannya. Dia hanya mendapatkan kabar salah satu gedung dirusak masa aksi.

"Aku jamnya enggak tahu karena tidak ada di tempat," kata Agung.

Hingga kini pihaknya belum mengetahui berapa nilai kerugian akibat kerusakan yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.