Sukses

Termahal dalam Sejarah, Fosil T-Rex Laku Dilelang Rp 471 Miliar

Kondisi tulang kepala prima dan ukuran gigi lebih panjang dari 27cm, menjadikan Stan, fosil T-Rex paling lengkap yang pernah ditemukan dalam sejarah

Liputan6.com, Jakarta Tak kira-kira, fosil dinosaurus Tyrannosaurus Rex (T-Rex) yang dipanggil Stan, baru-baru ini berhasil terjual pada sebuah acara lelang hingga USD 31,85 juta (Rp 471,3 miliar). Harga tersebut membuat Stan menjadi fosil dinosaurus termahal yang pernah terjual sepanjang sejarah.

Walaupun awalnya dijual sekitar USD 6 juta hingga USD 8 juta, tapi karena kondisi fosil berumur 67 juta tahun ini masih dinilai sangat baik, maka banyak pihak berani untuk memilikinya dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Melansir laman CNBC, Kamis (8/10/2020), pembeli fosil T-Rex yang namanya disamarkan sebagai Christie pun pada akhirnya menjadi pemenang dalam proses acara lelang tersebut melalui telepon.

Stan sendiri merupakan salah satu fosil dari total hanya 50 fosil Dinosaurus T-Rex yang pernah ditemukan dalam sejarah.

Menjadikan kondisi tersebut alasan bagi para antusias kolektor dinosaurus dalam mengikuti acara lelang yang digelar pada Black Hills Institute of Geological Research di South Dakota.

Dengan total 118 tulang, kondisi tulang kepala prima dan ukuran gigi lebih panjang dari 27cm, menjadikan Stan fosil Dinosaurus T-Rex paling lengkap yang pernah ditemukan dalam sejarah.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditemukan Palenteologi Amatir

Stan yang berhasil dilelang pada hari selasa lalu sendiri, ditemukan pada tahun 1987 oleh Stan Sacrison yang merupakan seorang palenteologi amatir.

Pada awalnya susunan struktur tulang yang ditemukan pada masa ekspedisi, dianggap sebagai formasi tubuh dari dinosurus jenis herbivora, yaitu Triceratops.

Tapi pada akhirnya di tahun 2002, palenteologi dari sebuah institute mengatakan bahwa fosil ini merupakan formasi tulang T-Rex bukanlah Triceratops.

Selain itu Paleontologi di Black Hills Institute mengatakan di usia matangnya, Stan bisa mempunyai berat yang mencapai lebih dari 7 bahkan 8 ton.

Stan juga diduga memiliki hidup yang keras dan brutal, saat ditemukan bahwa terdapat patahan pada tulang leher, dan retak di tulang rusuk.  

Fosil T.Rex paling komplit  terkahir yang pernah ada sendiri ditemukan dan dijual pada sebuah acara lelang di tahun 1997.

Pada saat itu fosil T.Rex yang dinamai Sue itu berhasil terjual oleh Sotheby dengan harga USD 8,36 juta. Sue sendiri pada waktu itu dijual pada acara lelang di Museum of Natural History di Chicago.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.