Sukses

Kata Ekonom: Masukkan 5 Keterampilan Kerja Ini dalam Resume Anda

Dalam resume yang Anda miliki jangan lupa untuk masukkan 5 keterampilan kerja ini, agar langsung dilihat oleh perekrut kerja

Liputan6.com, Jakarta Pasar kerja semakin kompetitf, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 sepert ini. Sehingga penting untuk memastikan resume Anda sudah benar dan mencerminkan keterampilan yang dicari pemberi kerja.

Menurut Julia Pollak, ekonom tenaga kerja di ZipRecuiter, “ saat Anda menerima 150 lamaran untuk satu lowongan, pemberi kerja akan semakin peduli tentang kualitas dan kualifikasi.”

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, pelajari tentang cara membuat resume yang baik agar Anda lebih kompetitif di masa depan. Pastikan untuk menyertakan contoh spesifik keterampilan yang dimiliki dengan bagaimana dan kapan Anda menggunakannya dalam pekerjaan.

Mengutip dari CNBC, Kamis (8/10/2020) berikut 5 keterampilan paling laris yang disarankan Pollak

1. Pengkodean

Memahami pengembangan situs web sangat diinginkan karena setiap perusahaan pasti membutuhkan situs website. Cantumkan di resume Anda, jika mengetahui bahasa pengkodean seperti HTML, CSS atau JavaScript. Termasuk masukkan situs yang pernah Anda buat.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterampilan selanjutnya

2. Manajemen database

Perangkat lunak manajemen bisnis data memungkinkan orang untuk mengatur, menyimpan dan menarik data apapun yang mereka butuhkan dari sistem saat mereka membutuhkannya.

Keakraban Anda dengan perangkat lunak seperti Oracle Database, Teradata Vantage, IBM Db2, MySQL atau Microsoft Access akan menempati Anda pada urutan teratas di antara keterampilan yang dicari pemberi kerja.

3. Analisis media sosial

Sekarang media sosial pun dapat digunakan untuk berhubungan dengan pelanggan. Keterampilan seperti meningkatkan dan melacak keterlibatan dan jangkauan pada platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain sangat didambakan oleh perusahaan.

4. Pelacakan biaya

Perusahaan mungkin memerlukan orang yang bisa untuk melakukan tugas administrative seperti pembuatan faktur, penggajian dan pelacakan pengeluaran. Pastikan juga untuk menyebutkan perangkat lunak yang bisa digunakan seperti QuickBooks atau yang lainnya.

5. Microsoft Office dan G Suite

Banyak orang mungkin sudah terbiasa dengan rangkaian Microsoft Office serta alat G Suite. Namun keahlian tingkat itnggi, terutama dalam alat Excel dan Access bisa sangat berharga. Karena ini merupakan program yang sangat umum untuk digunakan maka pastikan untuk memberikan contoh yang menunjukkan keahlian tingkat tinggi tersebut.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.