Sukses

Jarang Dilakukan Orang, Ini Tips Investasi dari Miliarder Mark Cuban

Mark Cuban memberi tips investasi yang tepat adalah berinvestasi untuk diri sendiri dan hal tersebut yang tidak dilakukan oleh banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Mark Cuban, seorang pengusaha dan investor di 'Shark Tank' ABC, hingga saat ini telah berinvestasi di ratusan perusahaan sukses.

Mengutip dari CNBC, Rabu (7/10/2020) pada 1990-an Cuban sudah mencapai status miliardernya dengan mendirikan dan menjual beberapa perusahaan barunya.

Pada tahun 2000, Cuban membayar USD 285 juta untuk mayoritas saham di Dallas Mavericks, sehingga di bawah kepemilikannya, tim meemnangkan kejuaraan NBA pada tahun 2011 dan sekarang bernilai 2,3 miliar.

“Pertama dan terpenting, investasi terbaik yang pernah saya lakukan adalah berinvestasi pada diri saya sendiri,” ujar Cuban.

Walaupun Cuban sukses di finansial yang didorong oleh diri sendiri, namun dia sering sekali bangkrut diawal usia 20-an.

"Saat Anda pertama kali memulai, mungkin memiliki atau tidak memiliki pekerjaan. Anda tidak punya uang dan memiliki ketidakpastian penuh tentang karir Anda. Tapi apa yang saya pelajari sejak awal adalah jika berusaha, maka saya bisa belajar hampir semua hal," kata dia.

“Kenyataannya adalah kebanyakan orang tidak meluangkan waktu untuk mengikuti dan belajar. Itu selalu memberi saya keunggulan kompetitif,” ujar Cuban.

Memang membutuhkan waktu yang ‘lama’, tetapi dengan berusaha keras maka akan bisa mendapatkan hasilnya. “Namun investasi dalam diri saya telah memberikan dividen selama sisa hidup saya,” kata Cuban.

 

Reporter: Tasya Stevany

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Miliarder Mark Cuban: Kalau Saya Mulai Bisnis Saat Ini, Begini Caranya

Pengusaha ternama di bidang teknologi sekaligus salah satu miliarder dunia, Mark Cuban, menerima banyak sekali gagasan bisnis dari para pengusaha berkat perannya sebagai salah satu juri di acara Shark Tank.

Namun baru-baru ini, Cuban mengungkapkan area teknologi apa yang akan dia fokuskan jika dia harus meluncurkan sebuah bisnis di era sekarang.

"Jika saya harus memulai sebuah bisnis saat ini, saya akan membangunnya di sekitar Alexa dan Google Home," ungkapnya seperti dilansir dari CNBC, Rabu (24/6/2020).

Alexa merupakan asisten virtual yang dikembangkan Amazon. Sementara Google Home adalah sistem pembicara di mana para konsumen dapat menggunakan asisten virtual yang diaktivasi melalui suara, menyesuaikan nama Google Assistant.

"Kemampuan Alexa dan kemampuan pemrograman Alexa sangat-sangat mudah. Tapi semua orang merasa itu semua sangat sulit. Dan itupula yang membuat mereka kehilangan peluang besar. Jadi saya katakan pada anak-anak saya dan pada oarang lain, belajar cara membuat program, dan hampiri tetanggamu, gunakan seluruh perangkat Alexa, dan kalian bisa menghasikan sekitar Rp 360 ribu atau 570 ribu per jam" papar Cuban. (USD 1 = Rp 14.261)

Kemampuan Alexa memprogram berarti menyusun kode pemrograman perintah suara yang memungkinkan robot tersebut menyelesaikan tugas yang diharapkan.

Cuban juga mellihat kecerdasan artifisial memiliki masa depan yang besar. Dia mengatakan, dampak Alexa bisa sangat besar lebih dari apa yang orang-orang sadari.

Menurut miliarder yang terkenal ambisius ini, jika Anda tak memahaminya, Anda akan tertinggal di belakang. Apalagi jika Anda menjalankan sebuah bisnis.

"Saya memahaminya dari Amazon, Microsoft, dan Google dan saya menjalani tutorial mereka. Jika Anda ke kamar mandi saya, ada sebuah buku berjudul 'Machine Learning for Idiots' (Pembelajaran Mesin Untuk Orang Bodoh). Kapanpun saya istirahat, saya selalu membacanya," terang Cuban.

Dia menjelaskan, jika Anda tidak memahami bagaimana menggunakan Al dan tidak memahaminya secara utuh dan Anda tidak akan memiliki pemahaman dasar sedikitpun tetang bagaimana algoritma bekerja.

"Anda dapat tersesat di jalan yang tak pernah Anda duga," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.