Sukses

Saat Bangun Microsoft, Bill Gates Ternyata Bos yang Kejam

Mempunyai etos kerja yang tinggi, Bill Gates mencoba menyalurkannya ke karyawan pada awal merintis Microsoft. Hingga pernah menghafal plat nomor karyawan untuk mengawasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Membangun keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan dunia kerja mungkin menjadi hal yang populer di kalangan pengusaha saat ini. Namun hal itu ternyata bukan menjadi prioritas Bill Gates saat membangun Microsoft.

Dalam wawancara dengan BBC Radio pada 2016, Bill Gates berbagi cerita betapa dia dulu sangat terobsesi dengan pekerjaan. “Saya sangat fanatik dengan pekerjaan. Saya bekerja di akhir pekan. Saya tidak terlalu percaya pada liburan,” katanya. 

Tak heran, etos kerja ini juga ditularkan ke karyawan. “Saya harus sedikit berhati-hati untuk tidak menerapkan standar saya pada seberapa keras mereka bekerja,” katanya.

Namun, itu tidak menghentikannya untuk melacak karyawan mana yang bekerja paling lama. “Saya tahu plat nomor semua orang sehingga saya bisa melihat keluar di tempat parkir dan melihat kapan orang masuk dan kapan mereka akan pergi,” kata Bill Gates kepada BBC.

Melansir CNBC, Kamis (1/10/2020) salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen mengatakan hal itu dalam di tahun 2011 untuk Vanity Fair.

“Microsoft adalah lingkungan yang sangat stres karena Bill Gates mendorong orang lain sekeras dia. Dia tumbuh menjadi pengawas yang akan mencari-cari di tempat parkir pada akhir pekan untuk melihat siapa yang masuk.” tulis Allen. 

Meskipun Microsoft telah menjadi sangat sukses, sebagian besar orang setuju bahwa manajemen mikro karyawan adalah strategi kepemimpinan yang tidak efektif.

 “Bekerja untuk seorang micromanager bisa menjadi pengalaman yang menyesakkan,” kata pakar karir Amanda Augustine dari TopResume.

Selain itu, mayoritas karyawan mengatakan menjadi micromanager adalah sifat terburuk yang dapat dimiliki bos. Hal tersebut menurut survei Comparably baru-baru ini terhadap lebih dari 2.000 karyawan di perusahaan teknologi seperti Amazon, Apple, Google, Facebook, dan Uber.

Karyawan Microsoft merasakan hal yang sama pada saat itu. “Orang-orang sudah mematahkan ekor mereka,” tulis Allen dalam karya Vanity Fair-nya, “dan itu membuat mereka tersinggung ketika Bill Gates mendorong mereka untuk melakukan lebih banyak.”

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuti

Allen membagikan anekdot mantan karyawan Microsoft, bernama Bob Greenberg, yang bekerja 81 jam dalam empat hari untuk menyelesaikan sebuah proyek. Menjelang akhir minggu kerja, Gates bertanya pada Greenberg apa yang akan dia kerjakan keesokan harinya. Greenberg memberi tahu Gates bahwa dia berencana mengambil cuti pada hari berikutnya, dan Gates menjawab, “Mengapa Anda ingin melakukan itu?”

“Dia benar-benar tidak bisa memahaminya,” tulis Allen. Dia sepertinya tidak pernah perlu diisi ulang.

Meskipun penelitian menemukan hasil yang berbeda tentang pentingnya keseimbangan kehidupan kerja, sebagian besar orang yang sangat sukses, seperti mantan Ibu Negara Michelle Obama dan pendiri Virgin Group Richard Branson, setuju bahwa mengukir waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk kesejahteraan profesional dan pribadi Anda. .

Dalam wawancaranya dengan BBC Radio 4, Gates mengakui bahwa ia dipaksa untuk mengubah sifat pengendali saat Microsoft berkembang. “Akhirnya, saya harus mengendur karena perusahaan mencapai ukuran yang wajar,” katanya.

Tetapi jika Anda memiliki bos yang gaya manajemennya mirip dengan miliarder di tahun-tahun awalnya, ada satu cara untuk mengurangi hal ini, yaitu kirim pembaruan terus-menerus, kata pakar karir Amanda Augustine.

“Saat Anda membagikan terlalu banyak dan membuat manajer Anda selalu memantau,” dia menjelaskan, “mereka lebih cenderung percaya bahwa Anda telah mengendalikan dan mundur.”

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.