Sukses

Dukung PJJ, Telkomsel Jamin Ketersediaan Jaraingan 4G Harga Murah

Telkomsel mendukung penuh optimalisasi layanan telekomunikasi sebagai upaya menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ)

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mendukung penuh optimalisasi layanan telekomunikasi sebagai upaya menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19.

"Kami menjaga api semangat belajar di tengah pandemi Covid-19 tetap terjaga," ujar SVP Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

Dharma menyatakan, Telkomsel telah mempersiapkan tiga hal utama dalam menunjang kegiatan upaya ini. Pertama menjamin ketersediaan jaringan 4G dengan kualitas prima di seluruh pelosok tanah air.

Upaya tersebut dilakukan lewat langkah-langkah strategis dalam mempersiapkan jaringan yang optimal dengan instansi pemerintah terkait.

"Pembelajaran ini koneksi permintaan bandwith cukup besar sebaiknya dengan jaringan 4G. Maka kami melakukan optimalisasi dengan pihak terkait," katanya.

Hal kedua yakni menyediakan kecukupan kapasitas jaringan yang mampu mengakomodir seluruh pemangku kepentingan sektor pendidikan untuk melakukan PJJ dari rumah masing-masing. Sehingga, pihaknya akan mempersiapkan penyaluran jaringan kepadatan lalu lintas data sampai ke luar negeri.

"Potensi jumlah siswa yang diberikan sangat besar sekali trafik akan sangat besar cukup kapasitas. Kami mempersiapkan kapasitas jaringan domestik maupun internasional," ungkap dia.

Ketiga, Dharma pun menjamin produk konektivitas digital dengan harga terjangkau. Artinya, harga diberikan lebih murah kepada masyarakat yang tidak menerima subsidi kouta data internet di masa pandemi saat ini.

Dia menjamin, harga yang diberikan dibawah rata-rata komersial yang biasa ditetapkan oleh Telkomsel.

"Kami pastikan kuota data harganya terjangkau dibawah rata-rata komersial di publik. Ini adalah komitmen bersama operator bersama pemerintah," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Cara Dapatkan Kuota Belajar 45GB dari Telkomsel

Selama pandemi seluruh kegiatan belajar dan mengajar harus dilakukan di rumah secara online. Namun, kebiasaan baru itu perlu penyesuaian karena dinilai terdapat kendala yang bisa menganggu kegiatan belajar. Salah satunya kuota internet yang mencekik dan jaringan ponsel yang sering ngadat.

Seperti dilansir Liputan6.com, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti membeberkan, kendala pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online selama masa pandemi Covid-19.

Retno menyatakan, kuota internet menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan, apalagi bagi orangtua siswa yang ekonominya terdampak pandemi.

“Kuota kemudian jadi masalah karena banyak anak tidak terlayani. Kalau berdasar data kami tidak hanya di Papua yang 54 persen tidak bisa tertangani daring dari 608 siswa, tapi Kota Bogor yang sangat dekat dengan Jakarta pun masih ada 11 persen tidak terlayani secara daring," ujar Retno.

Belum lagi bagi mereka pelajar yang berada di pelosok negeri. Perlu kerja keras dan merogoh kocek yang dalam untuk belajar secara online.

Melihat hal itu, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Telkomsel memberikan bantuan kuota belajar sebesar 45 GB. Mulai dari 35GB kuota belajar Kemendikbud dan Ekstra kuota 10GB kuota belajar Telkomsel.

Dengan kuota yang besar, kamu juga bebas akses ke video conference dan portal e-learning sekolah dan kampus. Dengan jaringan yang luas tentu belajar kamu akan tetap fokus tanpa nge-lag.

Untuk mendapatkan, bagi kamu yang sudah memiliki nomor Telkomsel, daftarkan nomor ke sekolah dan kampus untuk mendapatkan kuota belajar Kemendikbud sebelum 11 September 2020.

Nah, bagi yang belum memiliki nomor Telkomsel cukup daftarkan sekolah maupun kampus ke tsel.me/perdanabelajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.