Tingkatkan Layanan, KAI Luncurkan Membership KAI Access

Oleh Tira Santia pada 28 Sep 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 28 Sep 2020, 12:15 WIB
Tiket Mudik Lebaran 2020 Telah Tersedia
Perbesar
Calon penumpang membeli tiket kereta Mudik Lebaran 2020 melalui aplikasi KAI Access di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/2/2020). PT Kereta Api Indonesia resmi membuka penjualan tiket Mudik Lebaran 2020 mulai 14 Februari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan ulang tahun PT KAI (Persero) yang Ke-75 tahun, meresmikan membership KAI Access untuk mengapresiasi pelanggan setia KAI di seluruh tanah air.

“Indonesia merdeka 75 tahun juga 75 tahun pula kereta api Indonesia mengabdi berbakti melayani turut serta membangun kemajuan bangsa Indonesia. Dan 6 tahun sudah KAI acces hadir menjadi pelanggan kereta api, pihak manajemen launching program membership,” kata  Direktur Niaga PT KAI Maqqin U Norhadi, dalam acara Puncak Perayaan HUT ke-75 KAI secara virtual, Senin (28/9/2020).

Lanjutnya, KAI access menghadirkan berbagai fitur untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan memperbaiki tampilan dan kualitas pelayanan adalah cara PT KAI untuk tumbuh.

“Kami percaya loyalitas pelanggan terhadap KAI access adalah segalanya, kini saatnya bagi kami memberikan apresiasi kepada pelanggan setia dengan menghadirkan program membership KAI access,” ujarnya.

Dengan memberikan pelayanan dan kemudahan secara maksimal untuk pelanggan melalui aplikasi membership KAI access ini, KAI memberikan kemudahan bagi pelanggan agar bisa menikmati persembahan, sehingga pelanggan bisa menukarkan rail point, yang bisa digunakan untuk memperoleh potongan harga tiket kereta dan lainnya.

“Bisa mendownload KAI access dan mengupdate ke premium untuk menikmati akses lebih dan dapatkan rail point yang dapat ditukarkan dengan berbagai pilihan menguntungkan seperti potongan harga tiket kereta. Semakin banyak transaksi semakin banyak rail point untuk ditukarkan,” pungkasnya. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Intip Rahasia KAI Tetap Eksis di Masa Pandemi Covid-19

(Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)
Perbesar
PT KAI Daop 8 Surabaya (Dok KAI Daop 8 Surabaya)

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan volume penumpang selama pandemi covid-19 hanya 10 persen saja. Oleh karena itu pihaknya menerapkan 4 strategi agar KAI bisa tetap eksis di masa pandemi.

“Di situasi pandemi ini dengan adanya Batasan-batasan PSBB maka volume penumpang yang kita angkut hanya sekitar 10 persen, situasi normal kereta Api bisa mengangkut 1,3 juta penumpang dalam satu hari, 1,1 juta untuk commuter line, dan 200 ribu oleh KA jarak jauh, tapi sekarang situasinya sangat terpengaruh,” kata Didiek dalam talkshow Upacara Peringatan HUT ke-75 KAI, di Bandung, Senin (29/9/2020).

Adapun 4 strategi yang dijabarkan oleh Didiek, diantaranya, pertama PT KAI menerapkan Protect our people. Tujuannya untuk melindungi segenap pegawai KA yang menjadi garda terdepan dengan memberikan layanan memakai masker, face shield, cuci tangan, hand sanitizer.

“Kemudian di stasiun-stasiun kita sediakan handsanitizer, dan didalam kereta api pun dalam rangka memberikan kenyamanan pada penumpang dalam masa covid-19 ini. Keterisian juga kita batasi, kalau untuk commuter line itu hanya 35-40 persen kapasitas, kalau untuk KA jarak jauh hanya 70 persen, inilah strategi kita,” ujarnya.

Strategi Kedua, pihaknya menjaga likuiditas perusahaan dengan baik sehingga PT KAI bisa bertahan di masa krisis ini. ketiga, cutting cost, efisiensi semaksimal mungkin dalam masa krisis seperti ini.  menurutnya pada saat krisis covid-19 harus disiasati dengan  cepat beradaptasi dan memonitor cash flow secara harian.

“Supaya KA tetap aman. Strategi keempat membangun kapasitas meningkatkan pendapatan, kita meng introduce KA Express di mana kita sekarang masuk ke ritel kita masuk ke segmen-segmen langsung ke customer,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam rangka HUT KAI yang ke 75 tahun. Didek mengatakan pihaknya menyediakan layanan terbaru berupa membership. Dimana penumpang bisa mendapatkan poin sehingga setiap  penumpang membeli tiket akan mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk membeli tiket kembali atau digunakan dengan mitra KAI.

“Disamping itu pelanggan bisa membeli tiket dengan QRIS, ke depan kreatifitas akan kita kembangkan terus artinya kerjasama dengan beberapa bank pemerintah kita lakukan, itu artinya ke depan inovasi kreativitas akan kita kembangkan terus dalam rangka memberikan kemudahan di masa pandemi,” pungkasnya.   


Banjir Promo, KAI Hadirkan Loyalti Railpoint dan Mandiri Commuterpay

(Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)
Perbesar
PT KAI Daop 8 Surabaya memberikan diskon tiket dalam rangka hari ulang tahun ke-75 (Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan mengenalkan program Loyalitas Railpoint serta Integrasi Sistem Pembayaran dan Layanan Digital dengan Bank Mandiri.

Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi menyatakan, program Loyalitas Railpoint dikenalkan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan memberikan berbagai benefit yang ada.

"Program ini bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara KAI dan pelanggan," ujar Direktur Niaga KAI Maqin U. Norhadi dalam acara Pengenalan Program Loyalitas Railpoint dan kolaborasi layanan digital dengan Bank Mandiri di Stasiun Gambir, Jumat (25/9).

Melalui Program Loyalitas Railpoint, setiap transaksi pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial, pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan Railpoint. Setiap pembelian tiket senilai minimal Rp 50.000 akan mendapatkan poin sebesar 10 poin dan berlaku kelipatannya dengan pembulatan ke bawah. 

Untuk mendapatkan poin, pelanggan diharuskan melakukan update aplikasi KAI Access ke versi 4.3.8 dan terlebih dahulu mendaftar menjadi member melalui situs kai.id atau aplikasi KAI Access. Pastikan nomor identitas didaftarkan sesuai dengan kartu identitas yang valid misalnya Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Railpoint yang sudah dikumpulkan dapat ditukar dengan tiket KA Komersial ataupun produk dari merchant lain yang bekerja sama dengan KAI (syarat dan ketentuan yang berlaku). Khusus transaksi pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial yang dilakukan pada 28 September s.d 4 Oktober 2020 melalui aplikasi KAI Access, akan mendapatkan poin sebesar 2 kali lipat.

Adapun Grand Launching program Loyalitas Railpoint akan dilakukan bertepatan pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 KAI yaitu 28 September 2020.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya