Sukses

Bank Syariah Mandiri Mampu Kucurkan Pembiayaan Rp 76,66 Triliun

Per 31 Agustus 2020 juga restrukturisasi pembiayaan yang dilakukan Bank Syariah Mandiri sudah mencakup 29 ribu nasabah.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Syariah Mandiri berhasil mempertahankan kinerja positif meski pandemi Covid-19 belum mereda. Capaian ini terlihat dari tumbuhnya sejumlah indikator bisnis utama Bank Syariah Mandiri, seperti penyaluran pembiayaan, dana pihak ketiga (DPK) dan raihan laba setelah pajak hingga akhir Agustus 2020.

"Hingga penghujung Agustus 2020, laba bersih yang dihimpun perseroan tumbuh 26,58 persen secara tahunan (year on year) menjadi Rp 957 miliar (unaudited)," jelas Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Toni EB Subari, Jumat (25/9/2020).

Selain itu, Toni mengabarkan, Bank Syariah Mandiri juga berhasil meningkatkan pembiayaan hingga 6,18 persen yoy menjadi Rp 76,66 triliun di periode yang sama. Dimana pembiayaan segmen ritel tumbuh 12,52 persen menjadi Rp 48,55 triliun seiring strategi fokus yang ditetapkan.

Tono menjelaskan, peningkatan laba bersih dan pembiayaan Bank Syariah Mandiri ditopang pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang mencapai 13,17 persen secara yoy menjadi Rp 99,12 triliun per Agustus.

Sementara itu, rasio non-performing finance (NPF) Bank Syariah Mandiri berhasil ditekan 0,27 persen secara yoy menjadi 2,51 persen di periode yang sama.

"Per 31 Agustus 2020 juga restrukturisasi pembiayaan yang dilakukan Bank Syariah Mandiri sudah mencakup 29 ribu nasabah dengan outstanding Rp 7,1 triliun. Kami juga berhasil melakukan efisiensi dan bisa dilihat dari meningkatnya rasio dana murah atau CASA Bank Syariah Mandiri per Agustus mencapai 59 persen dari total pendanaan," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekanan

Menurut Toni, secara umum perbankan syariah berpotensi tumbuh dan berkembang meski tekanan menimpa ekonomi makro dan industri keuangan akibat pandemi. Peluang pertumbuhan ini tercermin dari terjaganya kinerja positif industri perbankan syariah, khususnya Mandiri Syariah, sejak beberapa tahun terakhir.

Sejak 2017 lalu, pertumbuhan total aset perbankan syariah selalu berada di atas rata-rata kenaikan nilai aset perbankan konvensional dan nasional. Posisi terakhir, per Juni 2020 nilai aset perbankan syariah tumbuh 9,88 persen secara yoy.

Pada saat yang sama, pertumbuhan aset perbankan konvensional dan nasional berturut-turut adalah 5,37 persen dan 5,63 persen secara year on year.

"Tren yang sama juga terjadi dari sisi pembiayaan dan pendanaan. Pertumbuhan dua indikator ini pada industri perbankan syariah selalu melampaui angka yang diraih perbankan konvensional," ujar Toni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini