Sukses

Jangan Tanyakan Hal Ini Kepada Atasan Saat Kondisi Pandemi

Apa saja hal yang tidak boleh ditanyakan kepada atasan saat pandemi?

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 menghadirkan banyak tantangan baru bagi semua orang dalam setiap jenis pekerjaan. Namun tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa mereka benar-benar berhasil untuk mempertahankan atau meningkatkan produktivitasnya.

Sehingga mungkin ini saat yang tepat untuk meminta kenaikan gaji. “Namun saat kondisi ketidakpastian seperti ini meminta kenaikan gaji bisa menjadi hal terburuk yang dapat Anda tanyakan kepada atasan saat ini,” kata Penulis Manajemen Terlaris, Suzy Welch, seperti melansir CNBC, Selasa (29/9/2020).

Tidak ada yang tidak pantas untuk mendapatkan kompensasi atas usaha yang sudah dilakukan, terutama saat masa pandemi seperti ini. Namun, sekarang merupakan waktu yang tidak tepat untuk meminta kenaikan gaji.

Karena Anda dan semua orang pun tentunya mengetahui bahwa dalam kondisi sulit seperti ini sulit untuk menganggarkan kenaikan gaji karyawan.

Pandemi telah menjungkirbalikkan ekonomi banyak orang, sehingga banyak atasan yang mengamati biaya dengan campuran rasa takut dan ketidakpastian.

“Kami ingin membayar tim kami lebih besar, tetapi kami tidak bisa sekarang. Kami akan melakukannya saat kami bisa. Tapi jangan tanya kami sekarang,” kata Welch.

 Reporter: Tasya Stevany

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tips Bikin Karyawan Bahagia

Dalam semua pekerjaan tentunya memerlukan karyawan untuk membantu berjalannya usaha tersebut. Karyawan jugal manusia, sehingga Anda sebagai atasan haruslah bersikap baik kepada mereka.

Menjaga karyawan tetap bahagian mungkin tidak mudah, tetapi juga bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Mungkin bisa melakukan seperti meringankan peraturan, menjaga mereka dan memastikan kesejahteraan seluruh karyawan yang ada.

Anda sebagai atasan juga wajib untuk memotivasi karyawan, menjaga mereka agar tetap merasa aman, senang bekerja dengan Anda, mendapatkan gaji atau tunjangan yang sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan.

Lantas bagaimana cara untuk tetap membuat karyawan merasa senang dan nyaman untuk bekerja dengan Anda?

Melansir dari Magforwomen, Minggu (13/9/2020) berikut cara sederhana untuk membuat karyawan senang yang bisa Anda ikuti di tempat kerja Anda  

1.     Praktikkan Transparansi

Anda harus terus memberitahukan karyawan, jika Anda ingin karyawan terus berbahagia. Jika Anda menyembunyikan kebenaran tentang keadaan perusahaan dari karyawan dan akhirnya mereka mengetahuinya, maka mereka akan kehilangan kepercayaan kepada Anda sebagai pemberi kerja.

Tidak peduli seberapa banyak keuntungan, kenaikan dan promosi yang Anda berikan, transparansi adalah kunci utamanya untuk memastikan kepercayaan karyawan, membuat semangat untuk bekerja dan membuat mereka menjadi lebih senang lagi.

3 dari 4 halaman

2. Jadikan Mereka Bagian dari Organisasi

Membuat karyawan merasa penting perlu dilakukan jika Anda ingin mereka memberikan potensi yang lebih. Buat mereka merasa cukup penting dan mereka pun mengetahuinya. Mereka tidak hanya akan senang dengan pekerjaan itu, tetapi juga akan memberikan kontribusi yang terbaik.

3. Mendorong Komunikasi

Anda harus menciptakan lingkungan di mana karyawan dapat mengungkapkan pikiran mereka secara terbuka. Inilah yang membuat karyawan Anda senang karena mereka tahu jika ada suatu masalah yang muncul, mereka dapat membicarakannya kepada Anda.

4. Mintalah masukkan dari karyawan

Terkadang Anda harus mengizinkan mereka untuk memberikan masukan atas masalah yang sedang terjadi. Ketika Anda menciptakan lingkungan di mana masukan karyawan diminta, maka akan membuat mereka bahagia dan merasakan kepentingan mereka sendiri.

5. Berikan pengakuan

Ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik atau luar biasa, ucapkanlah terima kasih kepada mereka di depan umum. Berolah penghargaan dan beri tahu mereka bahwa pekerjaan baik mereka telah diakui dan dihargai. Memang sedikit sulit untuk melakukannya karena harus menurunkan ego Anda. Dengan melakukan hal tersebut maka akan mendorong mereka untuk terus berkinerja jauh lebih baik lagi.

6. Berikan manfaat tambahan

Anda harus memberi mereka keuntungan ekstra melebihi apa yang biasa mereka dapatkan atau harapkan. Bisa mencakup voucher belanja, asuransi kesehatan ataupun berbagai jenis lainnya. Ketika Anda memberikan hal tersebut maka mereka akan melihat bahwa atasannya benar-benar peduli pada karyawan dan keluarga mereka dan inilah yang akan membuat mereka senang.

 

Reporter: Tasya Stevany

4 dari 4 halaman

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.