Sukses

Harganya Terus Melejit, Seberapa Banyak Emas Tersisa di Bumi Ini?

Emas merupakan logam tambang yang sangat diminati sebagai investasi, simbol status, dan komponen kunci dalam banyak produk elektronik.

Liputan6.com, Jakarta Bulan lalu harga emas mencapai rekor tertinggi, melampaui  2.000 USD per ounce. Kenaikan harga emas imbas dari berbagai kondisi yang mendorong lonjakan harga logam mulia.

Kondisi itu menimbulkan pertanyaan tentang seberapa besar pasokan komoditas tambang berkilau ini tersisa di dunia. Sampai kapan manusia tetap bisa menambang emas hingga habis.

Maklum emas merupakan logam tambang yang sangat diminati sebagai investasi, simbol status, dan komponen kunci dalam banyak produk elektronik.

Tapi tentu komoditas ini tetap memiliki sumber daya yang terbatas, dan pada akhirnya akan datang tahap ketika tidak ada lagi yang tersisa untuk ditambang. Simak beberapa fakta terkait emas, seperti melansir laman BBC, Senin (28/9/2020).

Saat emas berada di posisi puncak

Para ahli mengungkapkan waktu di mana emas mencapai posisi puncak. Yakni, di mana manusia bisa menambang paling banyak sesuai kemampuan dalam satu tahun. Beberapa percaya jika kondisi itu mungkin telah mencapai titik.

Tercatat, produksi tambang emas mencapai 3.531 ton pada 2019, 1 persen lebih rendah daripada 2018, menurut World Gold Council. Ini merupakan penurunan produksi tahunan pertama sejak 2008.

"Sementara pertumbuhan pasokan tambang mungkin melambat atau sedikit menurun di tahun-tahun mendatang, karena cadangan yang ada habis, dan penemuan besar baru menjadi semakin langka, menunjukkan bahwa produksi telah mencapai puncak mungkin masih sedikit prematur," kata Juru Bicara World Gold Council Hannah Brandstaetter. 

Bahkan ketika emas mencapai harga puncaknya, para ahli mengatakan jika pada tahun-tahun setelahnya, akan terlihat penurunan dalam produksi meski dinilai tidak akan terlalu dramatis.

Penurunan output emas akan berlangsung secara bertahap selama beberapa dekade. "Produksi tambang memiliki garis datar, dan kemungkinan besar akan menurun, tetapi tidak secara dramatis," tambah Ross Norman dari MetalsDaily.com.

Jadi berapa yang tersisa?

Perusahaan pertambangan memperkirakan volume emas yang tersisa di tanah melalui 2 cara. Pertama, mengacu pada cadangan emas yang ekonomis untuk ditambang pada harga emas saat ini.

Kedua berdasarkan sumber daya. Yakni, emas yang berpotensi menjadi ekonomis untuk ditambang setelah langkah eksplorasi lebih lanjut, atau pada tingkat harga yang lebih tinggi.

Volume cadangan emas dapat dihitung lebih akurat, meskipun ini masih bukan tugas yang mudah.

Adapun menurut Survei Geologi Amerika Serikat, stok cadangan emas di bawah tanah saat ini diperkirakan sekitar 50.000 ton.

Sebagai perbandingan, sekitar 190.000 ton emas telah ditambang secara total, meskipun perkiraannya bervariasi.

Berdasarkan angka kasar ini, ada sekitar 20 persen yang masih harus ditambang. Tapi ini adalah target yang bergerak.

Teknologi baru memungkinkan untuk mengekstraksi beberapa cadangan yang diketahui yang saat ini tidak ekonomis untuk diakses.

Inovasi terbaru termasuk big data, AI, dan smart data mining, yang berpotensi dapat mengoptimalkan proses dan menurunkan biaya.

Robotika sudah digunakan di beberapa lokasi, dan diharapkan semakin menjadi teknologi standar dalam eksplorasi tambang.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber terbesar

Sumber emas terbesar dalam sejarah adalah Witwatersrand Basin di Afrika Selatan. Witwatersrand menyumbang sekitar 30 persen dari semua emas yang pernah ditambang.

Sumber utama emas lainnya termasuk tambang Mponeng yang sangat dalam di China, tambang Super Pit dan Newmont Boddington di Australia, Tambang Grasberg Indonesia, dan tambang di Nevada, Amerika Serikat.

China saat ini adalah penambang emas terbesar di dunia. Sementara Kanada, Rusia, dan Peru juga merupakan produsen utama.

Dalam hal perusahaan, Nevada Gold Mines yang dimiliki mayoritas oleh Barrick Gold adalah kompleks penambangan emas tunggal terbesar di dunia, memproduksi sekitar 3,5 juta ons setahun.

Meskipun tambang emas baru masih ditemukan, penemuan deposit besar menjadi semakin langka, kata para ahli.

Akibatnya, sebagian besar produksi emas saat ini berasal dari tambang tua yang telah digunakan selama beberapa dekade.

 

Lebih sulit untuk menambang?

Penambangan skala besar sangat padat modal, menggunakan banyak mesin dan keahlian untuk menambang area yang luas di dalam dan di bawah permukaan.

Saat ini, sekitar 60 persen dari operasi penambangan dunia adalah tambang permukaan. Sedangkan sisanya adalah tambang bawah tanah.

"Penambangan semakin sulit dalam arti banyak tambang besar, berbiaya rendah, dan yang lebih tua seperti di Afrika Selatan, hampir habis," tambah Norman.

"Tambang emas China, di sisi lain, jauh lebih kecil, dan karenanya memiliki biaya yang lebih tinggi."

Ada relatif sedikit wilayah yang belum dijelajahi yang tersisa untuk penambangan emas, meskipun mungkin yang paling menjanjikan ada di beberapa bagian dunia yang lebih tidak stabil, seperti di Afrika Barat.

 

 

3 dari 3 halaman

Harga Emas Cetak Rekor

Meskipun harga emas mencapai rekor tertinggi di bulan Agustus, hal ini tidak secara otomatis berarti terjadi peningkatan aktivitas penambangan emas.

Faktanya, perubahan produksi tambang emas seringkali memperlambat perubahan harga emas yang sangat signifikan.

"Mengingat skala operasi yang terlibat, perlu waktu untuk mengubah rencana tambang sebagai respons terhadap perubahan faktor eksternal, seperti harga emas," tambah Brandstaetter.

Juga, rekor harga terjadi selama pembatasan Covid-19, membuatnya lebih sulit untuk ditambang, karena situs ditutup atau sebagian ditutup untuk memutus penyebaran virus.

Kenaikan harga sebenarnya didorong oleh pandemi karena investor memandang emas sebagai aset yang lebih aman di saat ketidakpastian ekonomi.

Emas ada di tempat yang tidak mungkin diprediksi

Meskipun emas di tanah mungkin sulit untuk diukur, itu bukan satu-satunya sumber. Ada juga emas di bulan.

Namun, biaya yang terkait dengan menambang dan mengangkutnya kembali ke bumi jauh lebih tinggi daripada nilai emasnya.

"Sementara itu ada, secara ekonomi tidak akan pernah berarti untuk menambangnya. Anda akan kehilangan uang dalam jumlah yang jauh lebih besar untuk menambangnya daripada yang akan Anda peroleh dengan menjualnya." kata pakar luar angkasa Sinead O'Sullivan. 

Demikian pula, ada beberapa endapan emas yang diketahui di Antartika yang mungkin tidak pernah ekonomis untuk ditambang, karena kondisi cuaca benua yang ekstrim.

Emas juga tersebar di sepanjang dasar laut, tetapi juga dianggap tidak ekonomis untuk ditambang.

Namun satu faktor yang dimiliki emas adalah bahwa, tidak seperti sumber daya tak terbarukan lainnya seperti minyak, ia dapat didaur ulang. Jadi kita tidak akan pernah kehabisan emas, bahkan ketika kita tidak bisa lagi menambangnya.

Emas dalam jumlah besar digunakan dalam produk elektronik yang secara luas dianggap dapat dibuang, seperti ponsel. Jumlah emas di ponsel rata-rata bernilai beberapa pound.

Upaya mendaur ulang emas yang diambil dari limbah elektronik sudah berjalan dengan baik.

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.