Jangan Bingung, Begini 5 Tips Mudah Membuat Anggaran Keuangan

Oleh Tira Santia pada 24 Sep 2020, 05:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2020, 05:00 WIB
5 Cara Kelola Uang Agar Selamat Sampai Akhir Bulan
Perbesar
Tidak sedikit orang yang bisa bertahan hingga akhir bulan dengan penghasilan yang didapatkan pada awal bulan. Berikut tips-nya.

Liputan6.com, Jakarta Apakah masalah ekonomi pada saat ini menyebabkan Anda terus memikirkan situasi keuangan yang dimiliki?. Anda mungkin mulai khawatir kehilangan pekerjaan atau berapa banyak utang yang dimiliki.

Agar bisa menghindari kemungkinan keuangan pribadi mengalami krisis, maka penting untuk membuat anggaran. Ini agar kedepannya keuangan Anda menjadi terkendali.

Berikut 5 tips membuat anggaran dengan mudah dilansir dari laman Mymoneycoach.ca, Kamis (24/9/2020).

1. Tetapkan Tujuan Realistis

Memiliki tujuan yang realistis tentang kondisi keuangan akan membantu Anda membuat pilihan pengeluaran yang cerdas. Tanyakan pada diri Anda sendiri mengenai kondisi keuangan Anda dalam satu tahun. Kemudian putuskan apa yang penting bagi Anda.

2. Identifikasi Pendapatan dan Pengeluaran

Anda mungkin tahu berapa banyak yang dihasilkan setiap bulan, tetapi apakah juga tahu ke mana perginya?

Cari tahu dengan melacak apa yang Anda belanjakan atau digunakan. Usahakan ketika belanja perlu untuk dicatat, sehingga tahu kemana uang digunakan. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi pengeluaran yang tidak penting untuk bulan selanjutnya.

 

2 dari 3 halaman

3. Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Ilustrasi keuangan
Perbesar
Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)

Tanyakan pada diri Anda, apakah menginginkan ini atau membutuhkan barang tersebut?. Akankah menghabiskan uang ini membuat Anda lebih dekat dengan tujuan keuangan? atau lebih jauh?.

Bisakah Anda hidup tanpanya? Tetapkan prioritas yang jelas untuk diri Anda sendiri dan keputusan menjadi lebih mudah dibuat.

4. Rancang Anggaran 

Pastikan Anda tidak menghabiskan lebih dari yang dihasilkan. Seimbangkan anggaran untuk mengakomodasi semua yang perlu dibayar. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menuliskan atau merancang anggaran. Hal apa saja yang diperlukan untuk sebulan ke depan dan seterusnya.

Setelah Anda menyesuaikan anggaran pengeluaran dan menyeimbangkan dengan penghasilan, maka alokasikan penghasilan tersebut untuk kebutuhan primer seperti makanan, cicilan, dan lainnya.

5. Sisihkan anggaran darurat

Anda tahu bahwa segala sesuatunya akan “muncul begitu saja” seperti biaya sekolah, sepatu baru, atau lainnya. Sehingga perlu menyisihkan uang untuk membayar pengeluaran ini agar dapat membelinya tanpa harus berhutang.

Demikian penting untuk mengembangkan anggaran untuk masa depan, sebab mengumpulkan uang itu tidak mudah dan memerlukan waktu yang cukup. Apalagi bagi Anda yang berpenghasilan rata-rata sangat penting untuk mengatur dan mengelola keuangan pribadi.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓