Sukses

Harga Minyak Naik Tipis usai Badai Tropis Mulai Mereda

Harga minyak naik pada hari Selasa, mengurangi penurunan tajam hari sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak naik pada hari Selasa, mengurangi penurunan tajam sebelumnya. Hal ini karena kekuatan badai tropis terbaru di Teluk Meksiko mulai melemah, tetapi kekhawatiran tentang permintaan bahan bakar tetap ada dengan gejolak di seluruh dunia dalam kasus virus corona.

Dikutip dari CNBC, Rabu (23/9/2020), harga minyak mentah berjangka Brent naik 27 sen, atau 0,65 persen menjadi USD 41,71 per barel.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS untuk Oktober, yang akan berakhir pada hari Selasa, naik 29 sen, atau 0,74 persen, menjadi USD 39,60 per barel.

Harga minyak mentah, yang turun sekitar 4 persen pada hari Senin, stabil karena kilang Texas tetap buka meskipun diperkirakan akan terjadi banjir besar, dengan Badai Tropis Beta diperkirakan akan terus kehilangan kekuatannya, menghilangkan kekhawatiran tentang permintaan kilang AS untuk bahan baku.

"Sentimen pemulihan muncul setelah penurunan aset berisiko yang terlihat dua minggu lalu jelas rapuh," kata Vandana Hari, analis energi di Vanda Insights yang berbasis di Singapura.

"Minggu ini, pasar mengkalibrasi ulang kemungkinan terhentinya pemulihan ekonomi di Eropa karena beberapa negara di kawasan itu memberlakukan pembatasan baru untuk menahan lonjakan virus corona," tambahnya.

Penurunan harga minyak pada Senin didorong oleh kekhawatiran bahwa peningkatan kasus virus corona di pasar utama dapat menyebabkan penguncian baru dan menurunkan permintaan. Hal itu meningkatkan kemungkinan bahwa minyak Libya dapat kembali jika tidak diperlukan.

"Kami memiliki sesi risk-off yang cukup kuat (semalam) di tengah kekhawatiran seputar risiko kebangkitan COVID mulai berdampak negatif pada permintaan lagi," kata Lachlan Shaw, kepala penelitian komoditas National Australia Bank.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Kasus Corona di Inggris

Pasar gelisah tentang permintaan di tempat-tempat seperti Inggris Raya, di mana pembatasan baru diberlakukan. Pejabat kesehatan AS juga memperingatkan gelombang baru di musim dingin mendatang.

“Ketika virus muncul kembali, pemerintah mengunci, memberlakukan pembatasan, dan individu serta bisnis mulai mundur. Itu semua buruk untuk permintaan," kata Shaw.

Pedagang akan mengawasi data American Petroleum Institute tentang persediaan minyak AS yang akan dirilis hari Selasa.

Stok minyak mentah dan bensin AS kemungkinan turun minggu lalu, sementara persediaan penyulingan, termasuk solar, terlihat naik, jajak pendapat Reuters menunjukkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.