Sukses

Tersisa 8 Instansi Daerah Belum Laksanakan SKB CPNS

Tercatat, jumlah peserta SKB Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 mencapai lebih dari 213 ribu orang.

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan jika sebanyak 425 instansi tengah atau telah melangsungkan tahap ujian SKB CPNS, hingga 21 September 2020. Itu terdiri dari 28 instansi pusat dan 397 instansi daerah.

Sementara masih tersisa 8 instansi yang akan dan belum melaksanakan tes SKB. Kedelapan instansi tersebut merupakan pemerintah daerah yang secara jadwal memang belum melaksanakan tes SKB CPNS.

Ini diungkapkan  Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono kepada Liputan6.com, Senin (21/9/2020).

Tercatat, jumlah peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 mencapai lebih dari 213 ribu orang.

"Total peserta SKB CPNS formasi tahun 2019 yang mengikuti seleksi berbasis CAT BKN hingga Senin, 21 September berjumlah 213.392 orang," kata 

Ternyata tak semua hadir mengikuti SKB. Paryono melaporkan jika ada sebanyak 3.121 peserta yang tidak hadir dalam pelaksanaan tes SKB CPNS. Adapun total peserta pada tahap seleksi kali ini sebanyak 255.974 orang.

Berdasarkan informasi yang diberikan BKN, per Senin (21/9/2020) hari ini, ada sebanyak 131 instansi yang menghelat tes SKB CPNS di 46 titik lokasi (tilok).

Kemudian, sudah ada 73 instansi yang telah menyelesaikan pelaksanaan tes SKB CPNS hingga hari ini. Sebanyak 73 instansi tersebut terdiri dari 22 instansi pusat dan 51 instansi daerah.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Takjub, Peserta CPNS Asal Tegal Raih Skor SKB Sempurna Hingga 500

Pemerintah tengah menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 yang sempat tertunda beberapa waktu lalu imbas masuknya pandemi Covid-19 ke Indonesia.

Ada hal menarik dalam pelaksanaan SKB CPNS 2019 ini. Ternyata, salah seorang peserta berhasil meraih skor SKB sempurna yaitu 500 dan menempati peringkat pertama di lokasi tesnya.

Hal ini diungkapkan melalui akun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN) @BKNgoid, lengkap dengan lampiran bukti peraihan skornya.

"Salah satu peraih skor tertinggi pada SKB #CPNS2019 adalah pelamar formasi Pengelola Akuntansi di Kab Tegal. Kalian yang belum ikut ujian, auto merasa terpacu nggak nih dengan skor itu. Tapi ingat belajar giat pun jangan sampai lupa untuk jaga kesehatan, ya," demikian dikutip Minggu (20/9/2020).

Pelamar tersebut diketahui bernama Nastiti Wikan Mahanini. Di bawahnya, terdapat pula nama lain yang mendapat skor SKB 380, 375 dan 355.

Beragam reaksi netizen terlontar atas hal ini, mulai dari kagum hingga membandingkan dengan soal tes yang mereka hadapi, salah satunya di formasi keguruan.

"Wah kemaren saya juga udah liat yang 500 di Bandar Lampung, malah ada yang sampe 1 sesi 2 orang nilainya 500 tapi saya lupa di daerah mana. Hebat, sempurna banget! Tapi rasanya bukan formasi keguruan, karna untuk keguruan soalnya susah-susah sekali untuk pendagogik," tulis akun @bangtaniexs.

"Saya dikhianati soal keguruan minnnn masa guru bk dikasih soal pedagogi guru mapel pdhl kan beda banget :((( berasa sia sia materi kuliah selama ini," cuit akun @marcindil.

"Gilaaaaaa wkwkwk kemarin di formasi guru geografi jabar ,gak ada yg sampai 300, soal nya unpredictable banget min," ungkap akun @StefanoRiyan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.