Sukses

Patut Tahu, 6 Tips Kelola Keuangan buat Kalian Lulusan Baru

Menyiapkan masa depan yang aman dengan mengambil keputusan keuangan tepat untuk para fresh graduate tentunya memerlukan perencanaan.

Liputan6.com, Jakarta Akhir kehidupan akademis Anda adalah masa transisi besar. Saat Anda memasuki dunia nyata dalam bekerja dan menghidupi diri sendiri, penting untuk membuat keputusan keuangan yang tepat sejak awal untuk menyiapkan masa depan yang lebih aman.

Untuk membantu Anda melakukannya, ikuti 6 tips keuangan pribadi berikut ini yang dikutip dari foxbusiness, Rabu (23/9/2020) untuk mengendalikan pengelolaan uang Anda:

1. Tetapkan tujuan keuangan secepatnya

Jika tidak tahu apa yang ingin dicapai dengan uang Anda, kemungkinan besar tidak akan mencapai banyak hal. 

Untuk memastikannya harus menggunakan uang hasil jerih payah Anda dengan bijak, luangkan waktu setelah lulus untuk mempertimbangkan apa yang paling penting.

Idealnya, Anda harus menetapkan tujuan keuangan jangka panjang (seperti tabungan yang cukup untuk masa pensiun pada usia 65 tahun) serta tujuan jangka menengah dan jangka pendek (seperti menabung untuk liburan tahun depan atau rumah dalam lima tahun). 

Jelaskan secara spesifik jumlah uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan juga jadwal yang diinginkan.

2. Buat anggaran dan mulailah menabung

Menggunakan uang secara bertanggung jawab adalah kunci untuk mencapai tujuan, dengan anggaran yang memungkinkannya. Gunakan anggaran untuk menetapkan setiap rupiah pekerjaan dan jangan lupa untuk memasukkan menabung untuk tujuan di antara pekerjaan itu.

Untuk membuat anggaran, mulailah dengan melacak pengeluaran sehingga tahu di mana uang Anda saat ini digunakan. 

Carilah pemotongan pengeluaran untuk membebaskan uang tunai. Perlakukan tabungan sebagai tagihan yang harus Anda bayarkan bersama dengan sewa dan pembayaran mobil sehingga mengalokasikan dana untuk tujuan Anda sebelum pengeluaran yang tidak perlu.

3. Pertimbangkan untuk membayar pinjaman ketika masih mahasiswa

Jika Anda memiliki utang pinjaman pelajar, membayarnya kembali kemungkinan besar akan menjadi salah satu tujuan keuangan utama Anda. 

Perlu memahami apa saja pilihan pembayarannya, serta jenis utang yang Anda miliki sehingga dapat mengembangkan rencana pembayaran yang cerdas.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tingkatkan skor kredit

Kredit yang baik adalah fondasi kehidupan finansial yang kokoh dan Anda harus mulai membangun kredit sesegera mungkin.

Membuka kartu kredit mungkin merupakan cara termudah untuk melakukannya karena Anda dapat mulai membuat riwayat pembayaran yang positif dan menunjukkan bahwa menggunakan kartu secara bertanggung jawab.

Anda dapat menemukan kartu kredit yang tepat yang memungkinkan meningkatkan skor sekaligus berpotensi mendapatkan hadiah yang besar.

Alternatifnya, jika Anda sudah memiliki banyak hutang kartu kredit karena meminjam sewaktu di sekolah, saldo tinggi Anda dapat merusak nilai kredit. 

5. Menjadi investor

Menabung untuk masa depan saja tidak cukup - Anda perlu berinvestasi jika ingin mendapatkan keuntungan yang wajar dan membangun kekayaan.

Banyak orang melakukan yang terbaik dengan berinvestasi dalam reksa dana indeks yang melacak kinerja pasar karena risikonya lebih kecil daripada memilih saham individu. 

Jika ingin membuat investasi menjadi sangat mudah, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menggunakan robo-advisor yang akan menginvestasikan dana untuk Anda setelah menjawab beberapa pertanyaan sederhana tentang jadwal, tujuan, dan toleransi risiko investasi Anda.

 

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.