Top 3: 1,8 Juta Honorer Guru Honorer dapat BLT Subsidi Gaji

Oleh Pipit Ika Ramadhani pada 19 Sep 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 19 Sep 2020, 19:54 WIB
Honorer Kategori Dua Serbu Gedung DPR
Perbesar
Sejumlah Guru honorer Kategori 2 ( HK2 ) berkumpul di depan gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (23/7). Forum Honorer K2 tersebut berdatangan dari seluruh pelosok Indonesia untuk menyuarakan aspirasinya. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Yang dinantikan oleh para gunu honorer akhirnya datang juga. Pemerintah mengumumkan untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 1,8 juta guru honorer di Indonesia. BLT ini serupa dengan subsidi gaji yang dikucurkan bagi para pekerja swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Kepastian pemberian BLT subsidi gaji kepada guru honorer ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Airlangga Hartarto.

Sebelumnya, 398 ribu tenaga honorer telah direncanakan akan mendapatkan bantuan subsidi gaji pada gelombang kedua, yaitu di Oktober dan November 2020.

Artikel mengenai pemberian BLT subsigi gaji bagi 1,8 juta guru honorer ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu 19 September 2020:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Kabar Gembira, 1,8 Juta Guru Honorer Bakal dapat Subsidi Gaji Rp 600 Ribu per Bulan

Honorer Kategori Dua Serbu Gedung DPR
Perbesar
Sejumlah Guru honorer Kategori 2 beristigosah saat menggelar aksi di depan gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (23/7). Aksi ini digelar di tengah pejabat sedang melakukan rapat gabungan lanjutan bersama lintas kementerian. (Liputan6.com/JohanTallo)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Airlangga Hartarto menyatakan, 1,8 juta guru honorer bakal mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah.

Airlangga bilang, rencana penyaluran BLT tersebut akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Disampaikan program untuk guru honorer sejumlah 1,8 juta, yang nanti akan dilaksanakan melalui Kemendikbud, dengan kebijakan sama dengan subsidi gaji," kata Airlangga dalam konferensi pers, Jumat (18/9/2020).

Simak artikel selengkapnya di sini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Teranyar, Daftar Lengkap Negara yang Masuk Jurang Resesi di 2020

Selandia Baru Terjerat Resesi Corona
Perbesar
Sebuah pusat perbelanjaan tampak lengang di Auckland, 17 September 2020. Produk Domestik Bruto (PDB) Selandia Baru turun 12,2 persen pada kuartal Juni 2020, yang merupakan merupakan rekor kemerosotan ekonomi terdalam karena negara itu harus bertempur melawan pandemi corona. (Xinhua/Li Qiaoqiao)

Jurang resesi di masa pandemi covid-19 semakin nyata dan tak bisa terelakkan baik untuk negara maju hingga negara berkembang. Di mana daftar negara yang masuk jurang resesi sejak kuartal II dan kuartal III semakin bertambah.

Resesi sendiri merupakan pertumbuhan ekonomi negatif selama 2 kuartal berturut-turut. Sebaliknya jika suatu negara masih bisa bangkit dari ancaman resesi maka negara tersebut pertumbuhan ekonominya mampu dijaga dengan baik.

Namun jika terus-menerus pertumbuhan ekonominya berlangsung lama maka negara tersebut akan masuk dalam fase depresi.

Simak artikel selengkapnya di sini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Erick Thohir Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta

Erick Thohir
Perbesar
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir membahas perlindungan tenaga kesehatan dari paparan COVID-19 dalam pertemuan dengan IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi upaya PT Angkasa Pura II (Persero) dalam menerapkan protokol kesehatan di bandara yang dikelolanya, khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Komitmen manajemen Angkasa Pura II dalam membantu penanganan dan pencegahan Covid-19 diakui dunia. Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu bandara di dunia dengan rating tinggi dalam penerapan protokol kesehatan dan keamanan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Erick Thohir menyatakan, sebagai pintu gerbang utama Indonesia, bandara menjadi satu tempat yang penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Simak artikel selengkapnya di sini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓