Sukses

Mau Perusahaan Maju? Miliki Dulu 6 Karakteristik Kepimimpinan Ini

Karakteristik kepemimpinan yang berkarismatik sangatlah bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Peran seorang pemimpin sangatlah penting. Mereka harus mengetahui bagaimana memposisikan diri terhadap bawahan.

Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin tentunya harus menjadi lebih berkarismatik dan berkualitas. Karismatik sendiri adalah gaya kepemimpinan yang dapat membangkitkan loyalitas kepada karyawan mereka.

Setiap orang dengan gaya kepemimpinan yang efektif setidaknya memiliki sebagian dari hal tersebut dan dapat mempelajarinya sepanjang berjalannya perusahaan.

Lantas mengapa kualitas seorang pemimpinan yang karismatik dapat sangat bermanfaat bagi perusahaan? Mengutip dari lifehack.org, Kamis (8/10/2020) berikut ini alasannya untuk Anda ketahui:

1. Beradaptasi

Seorang profesor psikolog dari University of Queensland di Australia, William Von Hippel, percaya bahwa kemampuan beradaptasi adalah sifat nomor satu yang dimiliki oleh semua pemimpin. Lalu kemampuan beradaptasi ini dipecahkan menjadi beberapa cabang oleh Von Hippel yakni:

·      Menjadi orang yang cerdas

·      Mengetahui bagaimana menangani perubahan secara halus

·      Tetap tenang di tengah gangguan

Orang yang berkarismatik tidak selalu mengetahui jawaban yang tepat untuk pertanyaan sulit, tetapi mereka memiliki kemampuan untuk memberikan jawaban alternatif dan memilih situasi mana yang terbaik.

Mudah beradaptasi memungkinkan mereka untuk menutup kesepakatan bisnis dan terus maju, bahkan Ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana yang telah disusun.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan lainnya

2. Percaya diri

Kepercayaan adalah salah satu terpenting yang dibangun oleh para pemimpin dengan timnya. Pemimpin yang karismatik dapat memancarkan kepercayaan hampir tanpa goyah.

Sehingga Ketika pemimpin percaya diri dan tidak takut untuk mengambil keputusan maka memungkinkan orang lain untuk sedikit tenang dan berdiri di belakang pemimpin itu karena mereka mempercayainya.

3. Visioner

Pemimpin emmiliki pola pikir untuk inovasi dan selalu mencari cara untuk memperbaiki keadaan. Cara berpikir ke depan dapat membuat seseorang menjadi pemimpin yang karismatik. Dia memiliki visi yang jelas bahwa tertarik dan mengetahui bagaimana mengkomunikasinnya.

4. Bertekad

Memiliki visi yang jauh di cakrawala, tekad adalah pendorong yang membuat para pemimpin karismatik terus maju. Pemimpin yang bertekad tidak menyerah ketika mereka menemui hambatan di tengah perjalanan.

Sebaliknya, mereka menundukkan kepala, beradaptasi dan mendorong ke depan. Dorongan untuk terus maju dapat menetas dan memotibasi ke bawah untuk bekerja lebih keras dalam mencapapi tujuannya.

5. Mampu berkomunikasi 

Mereka yang memiliki kepribadian yang karismatik memiliki keyakinan yang kuat dan dapat menjadi sangat persuasif dengan kata-kata dan bahasa tubuh mereka. Pemimpin karismatik menarik pendengarnya dengan postur yang baik, kontak mata dan Gerakan tangan untuk menghubungkan kata-kata mereka kepada audiens.

Komunikasi yang jelas adalah salah satu kunci untuk merumuskan tujuan baru sehingga mendapatkan kepercayaan dari orang-orang di sekitarnya.

6. Kreatif

Orang karismatik cenderung berpikir di luar kotak dan mencari cara baru dalam melakukan sesuatu. Pemikir karismatik tidak hanya cenderung menjadi orang yang kreatif, tetapi mereka juga menantang dan mengamnil risiko untuk mewujudkan visi menjadi kenyataan.

Pemimpin yang karismatik bangkit untuk emmenuhi tantangan yang dihadapi dan memandang masalah sebagai peluang untuk inovasi.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.