Sukses

Belum Telat, Saatnya Susun Strategi buat Masa Pensiun Meski di Usia 40-an

Jika pada usia 40-an atau 50-an belum mempunyai dana pensiun? cepat atur strategi.

Liputan6.com, Jakarta Pensiun sering kali tampak seperti tujuan yang sangat jauh buat dipikirkan saat muda. Tapi begitu Anda mencapai usia 40-an, itu bukan lagi hal yang bisa disepelekan.

Belum terlambat, meski sudah memasuki usia kepala empat, sisi positifnya Anda masih punya waktu untuk membuat uang bergerak dengan tabungan pensiun.

Sisi negatifnya, menyimpan apa yang Anda butuhkan mungkin sedikit lebih menantang daripada saat masih muda.

Mengutip dari CNBC, Rabu (30/9/2020) alasan dari kemampuan menabung untuk pensiun ada pada kekuatan bunga majemuk, kata Elijah Kovar, Pendiri Great Waters Financial di Minneapolis.

“Anda tidak perlu menginvestasikan banyak uang jika Anda memulai di usia 20-an, tetapi jika Anda menunggu hingga usia 40-an, harus berinvestasi lebih banyak untuk menebus apa yang tidak diinvestasikan di usia 20-an,” kata Kovar.

Berikut ini beberapa strategi berbeda untuk memastikan masa pensiun aman.

1. Angka itu penting

"Jumlah yang Anda simpan, di mana pun menyimpannya, adalah faktor terpenting apakah akan memiliki cukup uang untuk masa pensiun," kata Jean Chatzky, CEO dan salah satu pendiri HerMoneyMedia di New York.

Kurang menabung adalah masalah utama bagi orang-orang yang berharap untuk pensiun suatu hari nanti.

Jawabannya cukup sederhana. “Cari tahu cara untuk menaikkan tingkat tabungan, dan lakukan dengan cepat,” kata Chatzy.

Pastikan uang Anda bekerja dengan berinvestasi secara bijak. Jika Anda bukan ahli dalam hal mengelola uang, gunakan dana tanggal target satu dan selesai , saran Chatzky.

Tetapi yang terpenting adalah menabung dalam jumlah yang cukup. “Orang harus menabung 15 persen dari apa pun yang mereka peroleh. Jika Anda melakukan itu secara konsisten selama kehidupan kerja Anda, biasanya akan memiliki cukup uang untuk melewatinya.” kata Chatzky. 

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda melewatkan tabungan di usia 20-an dan 30-an, Anda mungkin harus meningkatkannya hingga 20 persen - atau setidaknya mencobanya.

2. Rangkai tabungan 

Berikut cara meningkatkan jumlah uang pada tabungan Anda. “Cara menuju ke sana tidak dari 20 persen menjadi 30 persen,” kata Chatzky.

Itu bisa terasa terlalu mengejutkan perbedaan yang ada di dompet Anda. Sebaliknya, dorong diri Anda ke atas sedikit demi sedikit.

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jangan berutang

Melunasi utang dan mulai menabung di usia 40 tahun ke atas bukanlah hal yang tidak mungkin. Apalagi tabungan tersebut untuk dana pensiun Anda.

4. Analisa ini

Anda pasti ingin tahu berapa banyak yang perlu Anda tabung untuk masa pensiun. “Studi menunjukkan Anda membutuhkan 70% hingga 80% dari gaji tahunan Anda untuk mendapatkan masa pensiun yang nyaman,” kata CFP dan CPA Dan Herron, Kepala Elemental Wealth Advisors di San Luis Obispo, California.

Selanjutnya, cari tahu berapa banyak yang perlu Anda hemat untuk menyediakan arus kas tahunan itu. Herron merekomendasikan menggunakan 90 persen sebagai bantalan.

Mulailah dengan menghitung total pendapatan dan total pengeluaran. Jika Anda berada dalam kesulitan, Herron merekomendasikan mencoba mengalokasikan sebagian untuk meningkatkan tingkat tabungan pensiun. 

Jika Anda benar-benar ingin mengejar ketinggalan, simpan setidaknya 20 persen lebih dari gaji Anda untuk ditabung. 

"Kemungkinan lain, sesuaikan kembali ekspektasi Anda untuk masa pensiun. Anda mungkin perlu mempertimbangkan jumlah uang yang lebih rendah untuk masa pensiun sehingga Anda tidak harus menabung secara agresif, kata Herron. 

 

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

  • usia 40-an