Sukses

7 Cara Cerdas Hindari Bisnis Bangkrut di Tengah Covid-19

Cara cerdas mempertahankan bisnis ketika Covid-19 yang tak kunjung reda, simak tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus Corona atau Covid-19 mulai mengganggu banyak bisnis. Mall ditutup hingga transaksi secara langsung antara pedagang dan pelanggan juga dibatasi.

Banyak orang akhirnya memilih memasak sendiri guna menghindari penyebaran virus. Yang membuat bisnis kecil mulai tutup sementara, gulung tikar hingga bangkrut.

Mengutip dari CNBC, Selasa (22/9/2020) agar bisa bertahan dan terhindar dari kebangkrutan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan usaha kecil.

1. Manfaatkan program pemerintah

Banyak program bantuan pemerintah untuk para pebisnis kecil. Selain itu Anda bisa menggunakan pinjaman dari bank. Jika Anda tidak beruntung di satu bank, coba bank lain.

Beberapa bank tidak akan menerimanya jika Anda belum menjadi nasabah business banking, tetapi beberapa akan menerimanya.

2. Merundingkan kembali kontrak bisnis

Lihatlah akun utang Anda. Kumpulkan semua kontrak vendor Anda, prioritaskan, dan kemudian mulailah menegosiasikan hal-hal seperti pembayaran yang dikurangi atau persyaratan yang diperpanjang. Sementara beberapa mungkin tidak setuju, beberapa akan.

Anda juga dapat bekerja dengan pemilik rumah untuk mencoba melepaskan pembayaran sewa untuk jangka waktu tertentu.

3. Kumpulkan semua sisa uang tunai

Di sisi lain, hubungi mereka yang berutang dan tagih.  "Anda juga dapat meminta pembayaran di muka kepada pelanggan untuk aktivitas di masa mendatang," kata Mills dari Harvard Business School.

“Keseluruhan strateginya adalah untuk tetap likuid, jadi Anda bisa menawarkan diskon untuk aktivitas tahun depan jika orang membayar di muka,” dia menyarankan.

4. Mengurangi biaya staf

Meskipun menyakitkan, Anda harus mengurangi staf sebanyak mungkin, baik melalui PHK atau cuti. Pastikan Anda menanganinya dengan hati-hati.

Bagi mereka yang tetap bekerja, lakukan pemotongan gaji “signifikan” secara menyeluruh, Prosen menambahkan.

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Meningkatkan produktivitas

Lakukan pekerjaan sebanyak mungkin dengan jumlah orang yang paling sedikit. Saat ini Anda akan lebih baik bekerja lebih lama dengan kelompok yang lebih kecil daripada jam kerja yang lebih sedikit dengan kelompok yang lebih besar. Anda juga dapat meningkatkan efisiensi dengan bekerja secara online.

6. Perhatikan detail transaksi

Pastikan mengubah semua persetujuan hanya berdasarkan tanda tangan Anda. Apapun kerjasamanya, hanya Anda sebagai pemilik yang dapat menyetujui pengeluaran apa pun. Dengan cara ini, tidak akan pembelanjaan yang tidak Anda ketahui.

7. Tingkatkan layanan

Selama waktu ini, ingatlah untuk memperlakukan pelanggan Anda dengan baik sehingga mereka bertahan begitu keadaan menjadi lebih baik.

Kepada pelanggan saat ini, Anda akan memberikan layanan yang luar biasa. Lebih dari yang pernah diberikan sebelumnya.

Komunikasikan status bisnis Anda dan tawarkan petunjuk yang berguna. Anda juga dapat meminta referensi dari konsumen tersebut.

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.