Sukses

5 Tips Jaga Mental Pekerja Usai Ditinggal Rekan Terkena PHK

Mengurangi stres pada karyawan yang masih bertahan ketika melihat rekan kerjanya terkena PHK sangat penting untuk kelangsungan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK)  tidak bisa dihindari untuk saat ini mengingat penghasilan menurun dan banyak perusahaan harus mengurangi karyawan agar bisa bertahan.

Sementara siapa pun yang selamat dari langkah PHK mungkin merasa lega. Akan tetapi, karyawan tersebut pasti tetap mengalami kesedihan dan rasa bersalah karena rekan kerjanya yang pergi.

Diperparah dengan kekhawatiran tentang bagaimana beban kerja mereka akan terpengaruh. Dan ketakutan selanjutnya berkaitan dengan pembayaran gaji.

Jika manajer dan eksekutif tidak secara proaktif mengambil langkah-langkah untuk mengakui dan mengurangi stres itu, hal tersebut akan sangat menghambat produktivitas kerja.

Melansir dari CNN, Kamis (17/9/2020) berikut 5 hal yang harus dilakukan manajer atau pemimpin perusahaan untuk membantu karyawan yang bertahan mengatasi rasa bersalah dan ketakutan akan terkena PHK.

1.  Akui rasa sakit dan beri setiap orang ruang untuk melakukan hal yang sama

Karena banyak dari karyawan menghabiskan lebih banyak waktu dengan rekan kerja setiap hari daripada dengan keluarga kita sendiri, rasanya seperti kematian ketika beberapa dari mereka terken PHK.

"Ciptakan masa berkabung," kata Brian Kropp, kepala riset SDM untuk Gartner, sebuah firma penasihat bisnis di Amerika Serikat.

Dia merekomendasikan memberi waktu seminggu kepada orang-orang untuk menyerap berita dan implikasinya terhadap pekerjaan mereka sendiri sebelum mengharapkan pekerja untuk mulai menjadi produktif seperti dulu.

2. Jelaskan bagaimana PHK memengaruhi tim dan alur kerja

Tidak segera jelas siapa yang telah dilepaskan dan siapa yang masih ada. Dan karyawan yang tersisa akan menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu.

Jadi lakukan apa yang Anda bisa secepat mungkin mengkomunikasikan perubahan apa yang dibuat sebagai akibat dari PHK.

"Perbarui bagan organisasi," kata Kropp. "Beri tahu karyawan siapa yang masih berada di sana, dan siapa yang bertanggung jawab untuk apa. Komunikasikan seperti apa tim baru itu."

3. Bersiaplah untuk berbicara

Tawarkan panduan kepada manajer tentang bagaimana mereka harus menjawab pertanyaan apa pun yang dimiliki tim mereka, terutama jika ada kemungkinan perusahaan akan memberhentikan lebih banyak pekerja di kemudian hari.

Mereka harus tersedia untuk mendengarkan kekhawatiran siapa pun dan menekankan betapa perusahaan menghargai mereka.

Dan bahkan, mungkin menghubungi setiap anggota tim secara individu untuk menanyakan apakah mereka memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang perubahan tersebut.

Tapi jangan pernah berjanji tidak akan ada lagi PHK dan semuanya akan baik-baik saja. Itu janji yang tidak bisa Anda buat, Kropp menekankan hal itu.

Karyawan bisa saja kehilangan kepercayaan pada Anda dan perusahaan. Hal ini akan memperburuk situasi.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

4. Permudah karyawan untuk membangun kembali ikatan sosial dengan karyawan yang tetap tinggal

Karyawan mungkin kehilangan teman baik atau rekan setim yang dapat diandalkan karena PHK. Jika perusahaan masih bekerja dari jarak jauh, akan lebih sulit untuk menjalin hubungan baru dengan mereka yang ditinggalkan - terutama karena tidak ada kesempatan spontan untuk bertemu satu sama lain di antara rapat atau makan siang.

Untuk membantu tim yang dikonfigurasi ulang untuk mengenal satu sama lain dengan lebih baik - bahkan dari jauh - manajer mungkin mengumpulkan orang baru dalam sebuah proyek atau meminta orang yang berbeda setiap minggu untuk memimpin pertemuan tim reguler, kata Kropp.

Pemimpin juga dapat mempertimbangkan untuk menciptakan cara baru bagi karyawan untuk terikat secara informal. 

Satu perusahaan yang pernah bekerja sama dengan Kropp membuat stasiun radio streaming internalnya sendiri untuk staf

5. Bersikaplah sungguh-sungguh untuk menunjukkan penghargaan

Itu selalu merupakan ide yang untuk memberi tahu karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik.

Kropp merekomendasikan para manajer meluangkan waktu 15 menit secara berkala untuk menulis catatan kepada anggota tim individu yang telah melakukan pekerjaan yang bagus pada proyek atau tugas tertentu.

Anda tidak pernah bisa menjamin bahwa seseorang tidak akan di-PHK di masa depan, tidak peduli seberapa berbakatnya mereka. Pemberhentian selama krisis ekonomi bukan tentang bagaimana seseorang melakukan pekerjaan mereka tetapi tentang fungsi apa yang dihilangkan. 

Jadi paling tidak, karyawan yang cakap di-PHK akan diingatkan bahwa pekerjaan yang mereka lakukan melebihi target.

Reporter: Erna Sulistyowati

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.