Sukses

4 Kiat Menghemat Uang buat Anak

Menabung dan lebih menyortir untuk tidak selalu mewujudkan keinginan anak adalah hal yang perlu dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki anak merupakan anugerah dan titipan dari Tuhan, sehingga Anda sebagai orang tua haruslah bisa menjaga dan merawat anak dengan baik dan benar.

Orang tua pun ingin memberikan semua kemewahan yang diminta oleh anak mereka. Sehingga Anda tidak akan pernah tahu berpaa banyak atau kapan harus mengeluarkan uang untuk mereka.

Menabung dan lebih menyortir membeli keperluan yang tidak dibutuhkan untuk anak adalah salah satu solusi yang bisa orang tua lakukan.

Melansir dari magforwomen, Kamis (17/9/2020) berikut cara menghemat uang untuk anak-anak Anda yang bisa diikuti:

1. Habiskan uang dengan bijak untuk mainan

Pikirkan terlebih dahulu apakah anak Anda akan bermainnya selama berhari-hari? Daripada menghabiskan uang untuk mainan yang mahal, pastikan anak Anda memiliki cukup mainan untuk bermain.

2. Buatlah rekening tabungan atau dana untuk anak

Setelah anak lahir mulailah menabung untuk anak Anda, walaupun dalam nominal yang sedikit. Simpanlah jumlah yang layak setiap bulannya sehingga Anda dapat menggunakannya jika membutuhkan.

 

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara selanjutnya

3. Beritahu mereka bahwa tidak dapat memiliki semua uangnya karena ada jumlah yang harus masuk ke dalam tabungan

Doronglah anak untuk menabung sejak dini. Cobalah membuat aturan di mana memasukkan dua atau tiga kali lipat jumlah yang ditabung anak.

Sehingga tidak hanya mengajarkan kebiasaan baik tentang menabung namun juga akan menghemat banyak uang dalam prosesnya.

4. Jangan pernah memaksa anak atau mengalah pada tuntutan anak untuk melakukan hobi yang mahal

Bersikaplah tegas dan jangan lakukan jika Anak meminta sudah di luar batas kemampuan Anda. Seperti melakukan kelas berkuda atau yang lainnya. Uang yang tidak terpakai untuk hal-hal yang mahal, uangnya dapat Anda simpan untuk ditabung.

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.